Rusia Nyatakan Tak Jamin Keselamatan Pesawat Turki di Suriah

0
220

Moskow, LiputanIslam.com –  Kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah Oleg Zhuravlev menegaskan bahwa Rusia tidak menjamin keselamatan pesawat Turki yang terbang di angkasa Suriah setelah zona udara Provinsi Idlib, Suriah, dinyatakan tertutup.

“Dalam kondisi ini, komando militer Rusia tak dapat menjamin keselamatan pesawat Turki di Suriah,” ungkap Zhuravlev kepada wartawan, Minggu (1/3/2020).

Sebelumnya di hari yang sama Kementerian Pertahanan Suriah mengumumkan penerapan larangan terbang di angkasa kawasan barat laut Suriah, termasuk wilayah Provinsi Idlib.

“Pesawat yang melanggar zona udara kami akan diperlakukan sebagai pesawat penyerang sehingga harus dijatuhkan dan dicegah tujuan agresifnya,” ungkap kementerian itu.

Juravlyov mengatakan bahwa pemerintah Suriah terpaksa menempuh langkah ini menyusul memburuknya keadaan di angkasa Idlib.

Kementerian Pertahanan Suriah menyatakan telah menembak jatuh tiga drone Turki di angkasa Idlib, Minggu, menyusul pengumuman penutupan angkasa Suriah tersebut.

Baca: Kremlin Tolak Desakan Erdogan Agar Rusia Meninggalkan Suriah

Dua Jet Tempur Suriah Tertembak Jatuh

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan dua jet tempur Suriah ditembak jatuh oleh pasukan Turki di Idlib tak lama setelah tentara Suriah menembak jatuh drone Turki.

Menurut SANA, para pilot pesawat Suriah yang tertembak itu selamat karena dapat menggunakan kursi pelontarnya.

Baca: Jurnalis Media Rusia Ini Menghilang Setelah Diserang Nasionalis Turki

Kementerian Pertahanan Turki menyatakan, “Dua jet tempur Su-24 yang menyerang pesawat kami telah ditembak jatuh.” Kementerian ini menambahkan bahwa pasukan Turki juga telah menghancurkan senjata anti pesawat yang telah menjatuhkan satu drone Turki. (mm/raialyoum/alalam)

 

DISKUSI: