Rusia Kecam Tindakan AS Melatih Kawanan Bersenjata di Suriah

0
105

Moskow, LiputanIslam.com –  Rusia mengaku telah mengantongi informasi bahwa pasukan Amerika Serikat (AS) yang menempati Zona Al-Tanf, Suriah, melatih kawanan militan bersenjata, dan karena itu Moskow mengecam tindakan AS tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, Kamis (16/7/2020), mengatakan, “Ada informasi bahwa mereka yang menduduki ‘zona keamanan’ di sekitar pemukiman At Tanf – kami berbicara tentang orang Amerika – melatih dan memasok senjata kelompok militan bersenjata ilegal Mughawer al-Thura. Ini dilakukan untuk aksi-aksi sabotase di bagian-bagian lain Suriah.”

Tanpa memberikan penjelasan lebih lanjut,  Zakharova menyebutkan bahwa di kawasan yang ditempati pasukan AS secara ilegal di Suriah, para teroris “alih-alih ditumpas, malah didorong untuk melanjutkan kegiatan mereka.”

Baca: Patroli Rusia-Turki Diserang, AU Suriah Gempur Sejumlah Kelompok Teroris

Selasa lalu dilaporkan bahwa sejumlah pria bersenjata anggota kelompok Mughawer Al-Thourah yang ditangkap oleh Pasukan Arab Suriah (SAA) di dekat Palmyra, Suriah, mengaku telah dilatih oleh pasukan AS.

Baca: Kawanan Bersenjata Ini Mengaku Dilatih AS untuk Cari Informasi Menarget Pasukan Iran di Suriah

Mereka juga mengaku telah dikirim untuk suatu misi yang antara lain menghimpun informasi tentang pasukan Rusia dan Iran di Suriah untuk dijadikan target serangan. (mm/sputnik)

DISKUSI: