Patroli Rusia-Turki Diserang, AU Suriah Gempur Sejumlah Kelompok Teroris

0
125

Beirut, LiputanIslam.com – Angkatan Udara Pasukan Arab Suriah (SAA) menggempur posisi-posisi beberapa kelompok teroris di Suriah, menyusul peristiwa ledakan bom yang menyasar patroli militer gabungan Rusia-Turki di jalur internasional M4 yang menghubungkan Aleppo dengan Latakia.

Sebuah kelompok yang menamakan dirinya “Brigade Khattab Cechnya” mengaku bertanggungjawab atas peledakan tersebut, Selasa (14/7/2020), sembari merilis gambar-gambar yang terkait dengan peristiwa peledakan tersebut.

Kelompok itu tidak dikenal di Suriah. Mereka mengaku tidak berafiliasi dengan kelompok lain manapun, dan nama itu mencuat sejak pertengahan Juni lalu, ketika mereka melancarkan  operasi serupa terhadap patroli Rusia-Turki di jalur yang sama.

Sejumlah tentara Rusia dan Turki terluka akibat serangan terbaru berupa peledakan bom yang dipasang di dalam kendaraan yang diparkir di dekat jalur M4 dekat kota Jericho, selatan Idlib.

Baca: Presiden Palestina Kirim Pesan Simpatik kepada Presiden Suriah

Media Rusia di provinsi Idlib melaporkan bahwa beberapa jet tempur Suriah melakukan delapan serangan udara yang menyasar berbagai posisi sejumlah kelompok teroris di Idlib, termasuk Jabhat Al-Nusra, Partai Islam Turkestani, dan Jemaah Albania, bersamaan dengan serangan artileri dan roket ke arah Jabal al-Zawiyah dan al-Arbain di bagian selatan provinsi Idlib.

Baca: Pesan Kesepakatan Militer Iran-Suriah: Teheran akan Buat Tel Aviv Membayar Mahal

Beberapa sumber menyebutkan bahwa serangan udara itu dilancarkan setelah pesawat-pesawat pengintai Rusia memantau dan mendata target-target serangan berupa peralatan tempur dan markas-markas kawanan bersenjata.

Menurut sumber-sumber tersebut, serangan itu menyebabkan lebih dari 30 teroris tewas dan luka. (mm/raialyoum)

DISKUSI: