Rusia: Hitler Orang Yahudi, Israel Dukung Neo-Nazi di Ukraina

0
180

Moskow, LiputanIslam.com  Kementerian Luar Negeri Rusia, Selasa (3/5), menuduh Israel mendukung neo-Nazi di Ukraina, setelah sebelumnya Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyebut Adolf Hitler sebagai keturunan Yahudi.

Israel Senin lalu kebakaran jenggot sehingga menyebut klaim itu Lavrov sebagai fitnah “tak termaafkan” yang meremehkan tragedi Holocaust yang, menurut klaim Israel, telah menewaskan enam juta orang Yahudi Eropa dan minoritas lainnya di tangan Nazi Jerman.

Para pemimpin beberapa negara Barat mengecam pernyataan Lavrov yang menyoal bagaimana Rusia dapat mencapai tujuannya membersihkan Ukraina dari Nazi sementara Presiden Volodymyr Zelensky sendiri adalah seorang Yahudi.

Zelensky, yang negaranya menganut demokrasi parlementer, menuduh Rusia melupakan pelajaran dari Perang Dunia II.

Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan menyebutkan bahwa pernyataan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid “bertentangan dengan sejarah” dan “sebagian besar menjelaskan mengapa pemerintah Israel saat ini mendukung rezim neo-Nazi di Kyiv”.

Moskow menegaskan kembali pandangan Lavrov bahwa status Zelensky sebagai  keturunan Yahudi tidak menghalangi neo-Nazi yang berkuasa di Ukraina.

“Anti-Semitisme dalam kehidupan sehari-hari dan dalam politik tidak berhenti, sebaliknya, itu diberi makan (di Ukraina),” ungkap Moskow.

Israel menunjukkan dukungannya kepada Ukraina menyusul invasi militer Rusia pada Februari, tapi semula tak berani mengkritik Moskow secara langsung dan juga tidak menerapkan sanksi resmi terhadap orang-orang kaya di sekitar presiden Rusia, demi menghindari keretakan hubungan dengan Moskow yang berpengaruh di Suriah.

Namun, hubungan Rusia-Israel menegang, dan bulan lalu memburuk setelah Lapid menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di Ukraina.

Penasihat Presiden Ukraina Mykhailo Podolyak, Selasa, dalam cuitannya di Twitter yang menyebutkan sejumlah negara pendukung apa invasi militer Rusia di Ukraina, menyatakan; “Setelah klaim Kremlin bahwa Israel mendukung Nazisme, saya hanya punya satu pertanyaan; Apakah ada negara non-Nazi di seluruh dunia dari sudut pandang Rusia? Kecuali Suriah, Belarusia, dan Eritrea, tentu saja.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Hamas Siap Tembakkan Seribu Rudal Jika Israel Berulah

Petugas Keamanan Israel Tewas Diserang Pejuang Palestina

DISKUSI: