Rusia Dilaporkan Menyuplai Senjata Tentara Suriah untuk Serangan Baru di Idlib

0
147

Istanbul, LiputanIslam.com –  Sebuah kapal kargo Rusia telah difoto saat transit Selat Bosphorus, Istanbul, Turki, menuju perairan Mediterania, di saat Rusia terus mengirim peralatan militer untuk Pasukan Arab Suriah (SAA).

Menurut pengamat kelautan Turki, Yoruk Isik, kapal roro berbendera Rusia TGK-SPB yang bermarkas di Rusia, Sparta, yang dimiliki oleh Oboronlogistika milik Kementerian Pertahanan, transit di Selat Bosphorus dalam perjalanan menuju pelabuhan Tartous di Suriah.

Isik mengatakan kargo kapal itu memuat pasokan militer dan teknis untuk SAA yang sedang mempersiapkan serangan baru di Provinsi Idlib.

Sejak pasukan Turki melancarkan serangan sengit ke posisi-posisi tentara Suriah pada awal Maret, militer Rusia meningkatkan pengiriman pasokan senjata ke Suriah untuk mengisi kembali peralatan yang musnah.

Pasokan terbaru Rusia antara lain berupa tank dan mobil lapis baja pengangkut personel (APC), yang perlu diganti karena arsenal SAA di Suriah barat laut hancur atau rusak parah akibat serangan Turki.

Baca: Video: Pasukan AS Kejar Pasukan Rusia di Suriah

Laporan lain menyebutkan bahwa rudal jelajah Kalibr Rusia telah berulang kali digunakan di Suriah untuk menggempur kelompok-kelompok teroris, termasuk ISIS  dan Hay’at Tahrir Al-Sham (HTS).

Baca: BBC: Koalisi Anti-ISIS Hanya Incar Sumur Minyak Suriah

Menurut majalah “Natsionalniya Oporna” (Pertahanan Nasional), target rudal jelajah 3M-14 Rusia yang diluncurkan dari Laut Kaspia pada 7 Oktober 2015 adalah pabrik granat dan alat peledak, pusat komando, amunisi, depot bahan bakar, serta pangkalan pelatihan teroris di provinsi Raqqa, Idlib dan Aleppo. (mm/amn)

DISKUSI: