BBC: Koalisi Anti-ISIS Hanya Incar Sumur Minyak Suriah

0
53

Damaskus,LiputanIslam.com-BBC dalam laporannya hari Sabtu (13/6) mengutip kritikan para pemuka suku-suku di timur Suriah terhadap Koalisi Anti-ISIS.

Dilansir al-Maalomah, BBC melaporkan bahwa Koalisi AS dan SDF tidak serius dalam melindungi keamanan warga sipil dari serangan ISIS. Mereka disebut hanya melindungi keamanan sumur-sumur minyak Suriah di sekitar perbatasan Irak.

Menurut BBC, keberadaan teroris ISIS di Provinsi Deir ez-Zor dan kawasan perbatasan Irak terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Teroris-teroris tersebut mengumpulkan senjata dan personel untuk melancarkan serangan berdarah.

Sumber-sumber lokal mengatakan, baru-baru ini ISIS melancarkan serangan dengan senjata ringan dan melakukan pengeboman. Di lain pihak, SDF yang berada di kawasan itu tidak melakukan apa pun.

Kepada BBC, seorang pemuka suku mengatakan bahwa operasi-operasi Koalisi dan SDF justru menimbulkan kekacauan di kawasan. Sebab, tujuan dari operasi-operasi itu adalah menguasai sumur-sumur minyak.

Beberapa waktu lalu, sumber-sumber berita kelompok oposisi Suriah mengabarkan, Pasukan AS telah meningkatkan aksi mereka di timur dan timur laut Suriah. Pasukan Koalisi AS disebut telah menempatkan sistem rudal Patriot di timur Deir az-Zor.

AS sudah kerap mengakui bahwa minyak adalah tujuan keberadaan mereka di timur dan timur laut Suriah. AS bekerjasama dengan Kurdi, Jabhat al-Nusra dan Turki untuk menjarah minyak Suriah. (af/alalam)

Baca Juga:

Mantan Anggota ISIS Ungkap Peran Dinas Rahasia Inggris dalam Terorisme di Suriah

Pertama Kali, Saudi Resmi Akui Kerjasamanya dengan Israel

DISKUSI:
SHARE THIS: