Rusia Dikabarkan akan Bekali Iran Satelit Canggih untuk Tujuan Militer

0
560

Washington, LiputanIslam.com –  Rusia dilaporkan bersedia membekali Iran dengan sebuah satelit canggih yang akan membuat negara republik Islam ini berkemampuan mendeteksi target-target militer potensial di seluruh penjuru kawasan Timteng.

Dikutip Fars News, Jumat (10/12), laporan itu disampaikan oleh Washington Post (WP) dengan menyebutkan bahwa satelit Kanopus-V buatan Rusia yang dilengkapi kamera beresolusi tinggi kemungkinan akan diorbitkan pada bulan-bulan mendatang.

Satelit itu memungkinkan pemantauan secara kontinyu terhadap instalasi-instalasi semisal pabrik-pabrik penyulingan minyak di Teluk Persia, pangkalan-pangkalan militer Israel, dan pangkalan-pangkalan militer di Irak yang sebagian di antaranya ditempati oleh pasukan AS.

WP menyebutkan bahwa berdasarkan keterangan tiga sumber anonim, satelit Kanopus-V sebenarnya difungsikan untuk tujuan non-militer, tapi para komandan pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) sejak tahun 2018 telah berulangkali berkunjung ke Rusia guna membantu proses perundingan untuk mencapai kesepakatan mengenai satelit tersebut.

“Para pakar Rusia pada musim semi lalu juga berkunjung ke Iran untuk memberikan pelatihan kepada orang-orang Iran seputar kebutuhan mengenai satelit ini di instalasi baru dekat Karaj,” imbuh WP.

Surat kabar AS ini juga menyebutkan, “Satelit ini akan memiliki perangkat keras Rusia yang mencakup kamera dengan kejelasan 1.2 meter, suatu kemajuan signifikan di banding kapabilitas Iran sejauh ini, meskipun masih jauh di bawah kualitas yang telah dicapai oleh satelit-satelit mata-mata AS.” (mm/fna)

Baca juga:

Iran Mengaku Menanti Kesalahan Tel Aviv agar Pintu Jahannam Terbuka bagi Israel

Terbukti Tak Efektif, AS Masih Gemar Umbar Ancaman Kosong terhadap Iran

DISKUSI: