Rusia, China, dan Iran akan Segera Gelar Latihan Militer di Samudra Hindia, Ini Tanggapan Israel

0
183

Teheran, LiputanIslam.com –Rusia, China, dan Iran akan segera mengadakan latihan maritim bersama di Samudra Hindia pada pertengahan Februari, demikian di katakan Duta Besar Rusia untuk Iran Levan Dzhagaryan.

Kepada kantor berita RIA Novosti milik Rusia, Senin (8/2), Dzhagaryan menjelaskan bahwa dalam latihan militer itu pasukan akan mensimulasikan interaksi dalam operasi pencarian dan penyelamatan serta tindakan-tindakan untuk menjamin keselamatan navigasi.

Pada akhir Desember 2019 ketiga negara itu juga telah menggelar manuver laut bersama.

Menanggapi pengumuman latihan angkatan laut bersama Iran dengan angkatan laut Rusia dan China, media Zionis menyebut latihan itu sebagai langkah Iran menantang angkatan laut beberapa negara Barat di kawasan yang sama.

Surat kabar Jerusalem Post dalam sebuah analisisnya menyebutkan bahwa menyusul tergalangnya aliansi angkatan laut AS-Prancis di Teluk Persia, Iran bermaksud untuk menunjukkan kekuatannya.

Menyinggung inisiatif Perdamaian Hormoz yang diajukan Iran, media Zionis itu menuliskan bahwa kehadiran Iran bersama Rusia dan promosi kerjasama erat dengan China merupakan kemenangan bagi Iran dalam menghadapi sanksi Amerika Serikat.

Jerusalem Post juga menyebutkan bahwa keberadaan perahu cepat sebagai salah satu keunggulan angkatan laut Iran, yang juga telah menyediakan drone dan teknologi baru untuk kapalnya. (mm/mna)

Baca juga:

Latihan Perang Iran Gagalkan Rencana Serangan AS di Hari-Hari Terakhir Trump

Iran Miliki 340 Perahu Cepat Tempur Baru dan akan Bekali Jet Tempurnya dengan Sistem Siluman

 

DISKUSI: