Rusia Bertekad Bantu Iran Hadapi Wabah Corona di Tengah Tekanan Sanksi AS

0
142

Moskow, LiputanIslam.com –  Kemlu Rusia menyatakan Moskow akan memberikan bantuan kepada Iran di tengah tekanan sanksi AS yang berkelanjutan dan mewabahnya virus corona (Covid-19).

“Menyusul adanya laporan-laporan yang masuk mengenai penyebaran wabah akibat virus corona maka kami harus mengingatkan kondisi tak adil dan tak setara yang dialami Republik Islam Iran,” ungkap Kemlu Rusia dalam sebuah statemennya, Senin (16/3/2020).

Kemlu Rusia mengutip pernyataan Presiden Iran Hassan Rouhani belakangan ini bahwa “sanksi sepihak dan ilegal -yang diterapkan AS sejak tahun 2018 sebagai bagian dari kampanye ‘tekanan maksimal’-  menjadi kendala kuat bagi perang yang efektif terhadap wabah ini.”

Kemlu Rusia menilai korban berjatuhan bukan hanya lantaran penyakit ini sendiri, melainkan juga karena “realitas bahwa AS sengaja menghalangi pemberantasannya”.

Baca: Pakar Iran Pastikan Virus Corona Dijadikan Senjata oleh AS

Kemlu Rusia menambahkan, “Kebijakan tak manusiawi AS menimbulkan keprihatinan yang sangat mendalam… Kami sangat mengimbau AS agar menghadapi realitas dan mengambil keputusan secepatnya untuk mencabut sanksi yang dipaksakan terhadap hak asasi manusia di Iran. Pendemi global bukanlah kesempatan untuk melakukan pembalasan geo-politik.”

Baca: Tentara Iran Gelar Latihan Nasional Melawan Senjata Biologi

Kemlu Rusia menegaskan, “Di tengah situasi penyebaran virus corona di Iran, Moskow meminta AS mencabut sanksi-sanksi terhadap Teheran.”

Presiden Rouhani dalam pidato televisinya, Senin, mengimbau kepada warganya untuk menetap di dalam rumah dan bersikap kooperatif dengan pemerintah dan tim-tim medis dalam upaya pemberantasan Covid-19. (mm/raialyoum/alalam)

DISKUSI: