Tentara Iran Gelar Latihan Nasional Melawan Senjata Biologi

0
275

Tehran, LiputanIslam.com–Tentara Iran memulai latihan nasional pada Minggu (15/3) untuk mempertahankan diri dari senjata biologi di tengah wabah corona yang telah membunuh 600 orang.

Rencana latihan pertahanan ini diumumkan oleh Panglima Angkatan Darat Mayor Jenderal Abdolrahim Mousavi dalam pertemuan luar biasa yang diadakan pada hari Sabtu (14/3) terkait upaya pertempuran melawan virus COVID-19.

Menurut Jenderal Mousavi, latihan ini akan berada di bawah komando Pangkalan Biodefensi Angkatan Darat dan di bawah pengawasan Wakil Kepala Angkatan Darat untuk Koordinasi Laksamana Muda, Habibollah Sayyari.

Latihan ini sejalan dengan pernyataan dari Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei bahwa wabah corona mungkin merupakan bentuk “serangan biologis” terhadap Republik Islam.

“Karena ada beberapa bukti bahwa situasi ini mungkin merupakan ‘serangan biologis’, langkah [pencegahan] ini bisa juga termasuk latihan pertahanan … yang akan menambah kekuatan nasional,” tegas Khamenei.

Salah upaya perlawanan virus corona adalah pembukaan tiga rumah sakit lapangan di provinsi Iran utara dan selatan oleh Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

“Mengingat wabah virus corona di negara ini dan kebutuhan masyarakat untuk memiliki akses ke pusat kesehatan dan medis, dua rumah sakit yang berisi 30-40 tempat tidur telah mulai beroperasi di kota Borazjan [di provinsi Bushehr selatan] dan … rumah sakit keliling di [kota pelabuhan selatan] Bandar Abbas,” kata Komandan Angkatan Laut IRGC,  Laksamana Muda Alireza Tangsiri pada Sabtu kemarin. (ra/presstv)

DISKUSI: