Rusia: Azerbaijan dan Armenia Bersedia Hadiri Perundingan Damai di Moskow

0
132

Moskow, LiputanIslam.com –   Rusia menyatakan bahwa Armenia dan Azerbaijan bersedia menghadiri pembicaraan damai di Moskow untuk menyudahi konfrontasi militer yang masih berlangsung di wilayah Nagorno-Karabakh yang dipersengketakan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova, Jumat (9/10/2020), mengatakan bahwa kedua pihak telah mengonfirmasi kesediaan mereka mengirim delegasi untuk perundingan itu.

“Baku dan Yerevan telah mengkonfirmasi partisipasi mereka dalam konsultasi di Moskow. Persiapan aktif sedang dilakukan,” katanya kepada wartawan.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengundang para menteri luar negeri dari kedua belah pihak untuk melakukan perundingan damai di ibu kota Rusia.

Nagorno-Karabakh secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan, namun jatuh ke bawah kendali Armenia sejak awal dekade 1990-an ketika pemberontak di wilayah itu menyatakan pemisahan diri hingga kemudian memicu konflik berdarah.

Sementara itu, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev menyatakan bahwa Baku menawarkan kepada Yerevan “kesempatan terakhir” untuk kembali ke perundingan dan menarik pasukannya dari wilayah Karabakh.

Dalam pidato yang disiarkan di televisi, Aliyev mengatakan bahwa Armenia harus menerima prinsip-prinsip dasar untuk menyelesaikan konflik Karabakh dan meninggalkan “wilayah pendudukan Azerbaijan.”

Konfrontasi militer antara pasukan Azerbaijan dan pasukan Armenia yang terjadi selama lebih dari satu pekan terakhir merupakan perkembangan terburuk dalam hubungan antara keduanya selama beberapa dekade terakhir. Konfrontasi itu meletus pada 27 September lalu manakala Yerevan dan Baku saling tuding melakukan provokasi.  (mm/presstv/amn)

Baca juga:

100-an Militan Suriah Terbunuh dalam Perang Karabakh

Presiden Iran Kecam Pengerahan “Teroris” dari Suriah ke Karabakh

DISKUSI: