Rusia: AS Siap Cabut Semua Sanksinya terhadap Iran

0
648

Wina, LiputanIslam.com –  Diplomat Rusia pada pembicaraan di Wina, Austria, mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS) telah mengkonfirmasi kesediaannya mencabut semua sanksi yang tidak sesuai dengan perjanjian nuklir Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) sebagai imbalan atas pemulihan kepatuhan Iran sepenuhnya kepada kesepakatan itu.

“AS menegaskan kesiapannya mencabut semua sanksi yang tidak sesuai dengan JCPOA sebagai imbalan atas kembalinya Iran untuk sepenuhnya mematuhi JCPOA,” ungkap Mikhail Ulyanov, Wakil Tetap Rusia untuk Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) yang berbasis di Wina.

Mikhail Ulyanov yang mengepalai delegasi Rusia dalam pembicaraan di Wina menyatakan hal tersebut dalam sebuah posting di akun Twitter-nya, Selasa (30/11), sehari setelah sesi pembukaan pembicaraan Wina.

Meski demikian, Ulyanov menyusul pernyataan itu dengan pernyataan lain bernada khawatir.

“Tapi dalam diplomasi multilateral, iblis ada dalam detailnya,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, “Daftar konkret sanksi yang akan dicabut dapat dinegosiasikan.”

Menanggapi pertanyaan seorang jurnalis di Twitter tentang waktu kelompok kerja JCPOA akan mulai mengadakan pertemuan untuk membahas penghapusan sanksi terhadap Iran, Ulyanov menyatakan, “Pertemuan pertama akan diadakan hari ini dan besok.”

Putaran baru perundingan nuklir Iran dimulai di Wina pada Senin lalu dengan tujuan memulihkan JCPOA setelah perjanjian nuklir ini terhambat tindakan AS keluar darinya pada tahun 2018. Putaran baru itu dimulai setelah terhenti selama lima bulan akibat pilpres Iran yang dimenangi oleh Sayid Ebrahim Raisi. (mm/mna)

Baca juga:

Iran Tak Terima Kurang dari Pencabutan Sanksi Secara Total, Israel Mengancam

Sesi Pembukaan Perundingan Nuklir Berakhir, Ini Kata Ketua Delegasi Iran

DISKUSI: