Sesi Pembukaan Perundingan Nuklir Berakhir, Ini Kata Ketua Delegasi Iran

0
297

Wakil Sekjen European External Action Service (EEAS) Enrique Mora dan kepala negosiator nuklir Iran Ali Bagheri Kani menunggu dimulainya pertemuan Komisi Gabungan JCPOA di Wina, Austria, 29 November 2021.

Wina, LiputanIslam.com –  Sesi pembukaan perundingan nuklir Iran dengan beberapa negara besar dunia di Wina, Austria, dengan pimpinan ketua delegasi Iran Ali Bagheri Kani dan Wakil Sekjen European External Action Service (EEAS) Enrique Mora berakhir Senin (29/11).

Dalam sesi itu Kani menegaskan keharusan pencabutan sanksi “tidak manusiawi” dan “dipaksakan” AS terhadap bangsa Iran, dan menekankan keharusan ini sebagai prioritas tertinggi dalam pembicaraan.

Dia juga menyebutkan bahwa Iran telah membuktikan kepatuhannya kepada komitmen, dan bahwa negara republik Islam ini mengharapkan kesefahaman yang adil dan menjamin kepentingan legal Iran.

Mengenai anggapan berbagai pihak Barat tentang pemulihan perjanjian nuklir, dia menegaskan, “Selagi kebijakan tekanan maksium AS masih bertahan, pembicaraan tentang pemulihan perjanjian nuklir hanyalah omong kosong belaka.”

Bagheri Kani juga menyinggung gugurnya dua ilmuwan nuklir Iran Sharyari dan Fakhrizadeh.

Dalam pertemuan yang berlangsung dengan suasana serius dan profesional ini telah disepakati rapat kelompok kerja terkait pencabutan sanksi yang akan diselenggaran pada hari ini, Selasa (30/11). (mm/alalam)

Baca juga:

Putaran Baru Perundingan Nuklir, Adu Cengkal antara Iran dan Barat

Iran: Ancaman Militer Percuma, Tujuan Utama Perundingan Nuklir adalah Pencabutan Semua Sanksi

DISKUSI: