Rudal Jelajah Buatan Iran Hantam Target di Permukaan Laut dari Jarak Ratusan Kilometer

0
283

Teheran, LiputanIslam.com –  Rudal jelajah buatan Angkatan Bersenjata Iran menghancurkan beberapa target permukaan dan kapal pada hari kedua latihan perang bersandi “Zolfaqar 1400”, Senin (08/11).

“Dalam tahap latihan ini, rudal jelajah Iran, Qader, ditembakkan dari platform taktis rudal pantai-ke-laut Angkatan Laut di pantai Makran dan menimpa kapal yang berjarak 200 km,” ungkap juru bicara manuver tersebut, Laksamana Muda Mahmoud Mousavi.

Dia menambahkan bahwa penghancuran target permukaan dengan rudal jelajah Nasr yang ditembakkan dari peluncur rudal Angkatan Laut juga dilakukan militer Iran pada hari kedua.

Selain itu, rudal jelajah jarak jauh Qadir buatan Iran menghancurkan target permukaan yang berjarak 300 km dari kapal perang peluncur rudal.

“Kemampuan unik, termasuk hulu ledak efektif dengan daya ledak tinggi serta kemampuan untuk menahan peperangan elektronik musuh, adalah bagian dari fitur rudal jelajah Angkatan Laut, yang terbukti efektif dalam latihan ini,” tutur Mousavi.

Drone kamikaze Arash buatan Iran sukses menghancurkan semua target yang ditentukan dalam misi jarak jauh pada hari kedua fase utama latihan militer gabungan yang digelar secara besar-besaran tersebut.

Unit-unit Angkatan Darat juga berhasil mendeteksi posisi musuh buatan dalam upaya menguji roket dan rudal buatan Iran serta menggunakan granat berpeluncur roket, helikopter tempur dan drone.

Mousavi juga menyebutkan bahwa sistem rudal Mersad buatan  dalam negeri berkoordinasi dengan jaringan pertahanan udara terintegrasi, menembakkan sebuah rudal dan merontokkan target udara musuh.

Dia menambahkan bahwa unit artileri, lapis baja, helikopter dan pasukan nirawak juga menembakkan roket dan rudal terhadap sasaran yang disimulasikan sebagai pasukan musuh.

Menurutnya, pada tahap latihan ini, Angkatan Darat menggunakan drone pengintai buatan dalam negeri, memantau semua aktivitas musuh tiruan dan kemudian menerbangkan drone tempur Iran ke kapal mereka, sementara unit tempur dan mekanis dari Angkatan Darat juga melakukan operasi pertahanan terhadap serangan di wilayah pesisir.

Dia juga mengatakan, “Angkatan Udara juga menggunakan jet tempur dan drone untuk mendukung unit-unit yang beroperasi di darat, dan berhasil menghantam target musuh dengan bom dan amunisi seberat 250 pon buatan dalam negeri.” (mm/fna)

Baca juga:

“Pesan Serius untuk Musuh”, Militer Iran Gelar Latihan Perang Besar-Besaran

Orientalis Israel: Iran Konsisten Pada Prinsip AS Tak Mengerti Kecuali Bahasa Kekuatan

DISKUSI: