“Pesan Serius untuk Musuh”, Militer Iran Gelar Latihan Perang Besar-Besaran

0
281

Teheran, LiputanIslam.com –  Wakil Komandan Angkatan Bersenjata Iran Bidang Koordinasi Laksamana Habibollah Sayyari, Sabtu (5/11), mengumumkan bahwa fase utama latihan perang bersandi “Zolfaqar 1400” Angkatan Bersenjata Iran akan dimulai pada hari Ahad (6/11) dengan partisipasi empat unit.

“Fase utama dan operasional latihan perang gabungan Zolfaqar 1400 Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran akan dimulai pada hari Ahad dengan partisipasi Angkatan Darat, Angkatan Udara, Pertahanan Udara dan Angkatan Laut di area seluas satu juta kilometer persegi di timur Selat Hormuz, Laut Oman, dan Samudra Hindia Utara,” ungkap Sayyari, yang juga komandan latihan perang tersebut.

“Pasukan Infanteri Angkatan Bersenjata, unit lapis baja dan mekanik, Pertahanan Udara, sistem pertahanan udara, kapal permukaan dan kapal selam Angkatan Laut, pesawat tempur dan drone Angkatan Udara telah dikerahkan di zona umum latihan perang ini sejak beberapa hari yang lalu dan telah melakukan berbagai latihan, dan unit-unit itu akan melaksanakan fase-fase utama latihan perang Zolfaqar 1400 bersama pada hari Ahad,” terangnya.

Sayyari menyebutkan bahwa selama latihan itu, drone Angkatan Bersenjata dengan kemampuan peperangan elektronik dan kemampuan membawa berbagai kargo peralatan tempur dan optik secara simultan akan melakukan berbagai latihan bersama yang direncanakan.

Dia lantas menegaskan, “Latihan perang ini dimaksudkan untuk mengirim pesan peringatan serius kepada musuh dan mereka yang berniat mengusik kepentingan Iran di darat atau di air.

Dia menambahkan, “Sedangkan untuk negara-negara sahabat dan Muslim dan orang-orang tercinta di negara kita, itu memiliki pesan harapan dalam resistensi Angkatan Bersenjata dan pasukan lainnya serta kepercayaan pada kapasitas negara-negara untuk membangun dan memperkuat keamanan di kawasan tanpa kehadiran pasukan trans-regional.”

Angkatan Udara Iran pada akhir Oktober lalu juga menggelar latihan perang edisi ke-10 bersandi Devotees of the Velayat Sanctuary di beberapa pangkalan udara di semua penjuru negara ini dengan menghancurkan target-target musuh buatan dengan bom-bom Yasin 90 buatan dalam negeri. (mm/fna)

Baca juga:

Iran Perkaya Uranium dengan Jumlah yang Tak Dapat Dilakukan Kecuali oleh Pemilik Senjata Nuklir

Analis Yahudi Sebut Krisis Ekonomi Tak Bisa Pisahkan Pemerintah Iran dari Rakyatnya

DISKUSI: