Rouhani Umumkan Penurunan Tingkat Penyebaran Covid-19 di Semua Provinsi Iran

0
666

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan  Rouhani menyatakan terjadi penurunan tingkat penyebaran virus corona (Covid-19) di semua provinsi Iran, dan berterima kasih kepada warga negara ini atas kerjasama mereka dalam menerapkan social distancing serta tidak keluar rumah pada hari Rabu kemarin (1/4/2020) meskipun hari itu merupakan peringatan Hari Lingkungan Hidup di mana mereka biasanya menjalankan tradisi keluar rumah dan pergi ke tempat-tempat terbuka seperti taman dan kebun.

“Anak-anak bangsa Iran biasanya pada hari seperti ini keluar rumah untuk menikmati keindahan alam dan suasana musim semi dengan berakhirnya liburan hari raya Norouz, tapi pada tahun ini mereka memilih tetap tinggal dalam rumah demi menjaga keselamatan dan kesehatan mereka,” ungkap Rouhani pada rapat kabinetnya, Rabu.

Dia menyatakan bahwa sejak terjadi wabah Covid-19 Iran telah menempuh tindakan-tindakan yang diperlukan sembari memanfaatkan pengalaman semua negara lain.

Baca: Jumlah Pasien COVID-19 Membludak di AS, Iran Salahkan Trump

“Pusat Nasional Penanggulangan Virus Corona telah menempuh langkah-langkah yang sesuai dengan karakteristik masyarakat kita, dan telah diterapkan social distancing pada dua tahap, respon masyarakatpun bagus, sekolah dan universitas diliburkan, dan APD telah dikenakan semaksimal mungkin pada semua tim yang bekerja di semua instansi,” terangnya.

Baca: Zarif: Sanksi AS Terhadap Iran di Tengah Pandemi Covid-19 Menjurus kepada Bencana Kemanusiaan

Dia juga mengatakan, “Tindakan-tindakan penting lain yang telah kami ambil sejak awal ialah memanfaatkan fasilitas Angkatan Bersenjata yang telah terjun ke lapangan dan menempatkan 4000 ranjang opname dari berbagai rumah sakit mereka untuk menampung pasien corona. Beruntung, ranjang-ranjang itu sejauh ini masih tetap kosong, dan ini tak terjadi di sejumlah negara.” (mm/alalam)

DISKUSI: