Rouhani Tegaskan Hasrat Iran Hidup Rukun dengan Negara-Negara Jirannya

0
58

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani menekankan bahwa demi menggalang kerukunanan antarnegara tetangga di kawasan Teluk Persia dan sekitarnya Iran dapat menjadi koridor menuju dan dari Teluk Persia dan Laut Kaspia bagi negara-negara regional, terutama yang berstatus anggota Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO).

Dalam kata sambutannya pada pertemuan puncak SCO yang dilakukan secara virtual, Selasa (10/11/2020), Presiden Rouhani menyatakan negaranya menekankan perlunya menyelesaikan krisis Karabakh dalam kerangka hukum internasional.

Dia menyatakan bahwa melalui pengalamannya Iran siap bergabung dengan negara-negara organisasi tersebut untuk melawan ekstremisme. Dia juga mengatakan, “Kita memerlukan pendekatan terpadu dari negara-negara SCO dalam menghadapi pandemi Corona.”

Dia menambahkan, “Kami menegaskan kebijakan Teheran tentang bertetangga yang baik dan berinteraksi dengan tetangga.”

Sembari menyinggung suksesi yang terjadi Amerika Serikat (AS), Presiden Iran menegaskan keharusan melawan unilateralisme AS.

“Republik Islam Iran menegaskan dan tetap bersikukuh pada kebijakan fundamentalnya yang terepresentasi dalam penguatan dasar-dasar pertetanggaan serta dialog dengan negara-negara tetangga di kawasan Eurasia, Teluk Persia, serta selatan dan barat Asia, dan kami memandang bahwa keamanan yang permanen tidak akan terwujud tanpa kerjasama, pengerahan segenap upaya, dan perdamaian,” terangnya. (mm/alalam)

Baca juga:

Pejabat AS: Siapapun Presidennya, AS Ingin Berunding dengan Iran

Rouhani Imbau Joe Biden Tebus Kesalahan Trump, Zarif Minta Negara-Negara Tak Bergantung ke AS

 

DISKUSI: