Rouhani: Jangan Harap Perjanjian Nuklir Iran Dapat Diubah Sedikitpun

0
136

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa perjanjian nuklir Iran Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) tak dapat diubah, dan tidak akan pula melibatkan pihak baru.

“Pasal manapun dalam perjanjian nuklir ini tak akan pernah berubah, sebagaimana perjanjian ini juga tak akan mencakup pihak lain. Ini adalah pendirian final kami, dan tak akan pernah berubah,” tegas Rouhani dalam rapat kabinetnya, mengacu pada usulan agar Arab Saudi dilibatkan dalam JCPOA.

Dia memperingatkan bahwa perjanjian itu merupakan “hasil perjuangan panjang yang menelan waktu 10 tahun dan tak mudah dicapai, sehingga siapapun tak dapat mengoyaknya. Jika mereka (AS) masih menghendaki perjanjian ini maka kami menyambut baik, dan mereka harus menunaikan janji-janjinya. Sedangkan jika mereka berlepas tangan darinya maka kamipun akan melakukan apa yang patut dilakukan.”

Rouhani menyatakan bahwa AS sampai sekarang masih melanggar resolusi 2231 PBB sehingga tak patut berbicara ihwal perjanjian nuklir Iran dengan sejumlah negara terkemuka dunia tersebut.

“Saya tekankan sekali lagi, kita dulu enam (pihak perjanjian), tapi satu di antaranya (AS) mengalami sebentuk kegilaan sehingga meninggalkan tempat, dan sekarang setelah kondisinya memulih hendaklah kembali ke tempatnya tanpa ada kaitan dengan pihak lain yang masih ada di tempat masing-masing. AS harus kembali kepada resolusi 2231, dan konsisten pada resolusi-resolusi internasional serta menghargai resolusi Dewan Keamanan yang telah disahkan dengan suara bulat,” tegasnya.

Dia juga memperingatkan, “Jika kami melihat adanya sebentuk iktikad baik maka kamipun akan memberi respon serupa, jika kami melihat adanya tindakan implementatif maka kami akan menempuh hal yang sama, dan jika pihak lain konsisten kepada janjinya maka kami akan konsisten pada janji kami. Kami berharap semua dapat bertindak bersama demi kepentingan dunia dan kawasan serta perdamaian global, dan supaya kita dapat mencapai tujuan yang memenuhi kepentingan semua pihak.” (mm/alalam)

Baca juga:

Iran Pasang Mesin Sentrifugal Baru di Dua Pabrik Nuklirnya

AS Nyatakan Belum Ada Kontak Apapun dengan Iran

Israel Sebut Iran Dapat Membuat Satu Bom Nuklir Dalam Tempo 6 Bulan

DISKUSI: