Iran Pasang Mesin Sentrifugal Baru di Dua Pabrik Nuklirnya

0
61

Teheran, LiputanIslam.com –  Wakil tetap Iran untuk Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) di Wina, Swiss, Kazem Gharibabadi, menyatakan negaranya telah memasang mesin sentrifugal IR2m dan IR6 baru di fasilitas nuklir Natanz dan Fordow.

Dalam pernyataannya di Twitter, Selasa (2/2), Gharibabadi menulis; “Terima kasih kepada para ilmuwan nuklir kami yang tekun, dua kaskade sentrifugal 348 IR2m dengan kapasitas hampir 4 kali lipat IR1 sekarang berjalan dengan sukses di UF6 di Natanz. Pemasangan 2 kaskade sentrifugal IR6 juga telah dimulai di Fordow. Masih banyak lagi yang akan segera hadir. ”

“IAEA belum dapat memverifikasi dan diberitahu tentang kemajuan sesuai rencana,” imbuhnya

Juru Bicara Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Behrouz Kamalvandi pada 28 Januari 2021 mengatakan bahwa 1000 sentrifugal IR2M akan dipasang di fasilitas nuklir Natanz dalam jangka waktu tiga bulan.

Iran sejauh ini terus melanjutkan pengayaan uranium 20% di pabrik Fordow sesuai dengan undang-undang parlemennya.

Iran memperingatkan bahwa jika Washington tak menghapus semua sanksinya terhadap Iran maka Teheran akan menghentikan implementasi sukarelanya atas Protokol Tambahan, yang mempekenankan inspektur IAEA melakukan inspeksi mendadak ke fasilitas nuklir Iran. (mm/mna)

Baca juga:

[Video]: Iran Sukses Luncurkan Roket Pembawa Satelit Berbahan Bakar Padat Terkuat

Zarif: Ada Mekanisme untuk Keserentakan Pemulihan Komitmen Iran dan AS kepada Perjanjian Nuklir

DISKUSI: