Israel Sebut Iran Dapat Membuat Satu Bom Nuklir Dalam Tempo 6 Bulan

0
115

TelAviv, LiputanIslam.com –  Menteri Energi Israel Yuval Steinitz mengklaim Iran dapat memroduksi uranium yang cukup untuk satu bom nuklir dalam tempo enam bulan, sedikit lebih lama daripada periode 3-4 bulan yang diperkirakan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken.

Kepada stasiun radio Kan milik Israel, Selasa (2/20,  Steinitz mengatakan bahwa “jika mereka (Iran) melakukan segalanya untuk membuat kemajuan” maka mereka akan dapat melakukannya dalam setengah tahun, dan perlu waktu satu hingga dua tahun untuk menghasilkan banyak senjata nuklir.

Sebelum menjabat menteri luar negeri AS, Blinken bulan lalu mengatakan bahwa jangka waktu terwujudnya kemajuan tersebut “bervariasi dalam satu tahun, seperti di bawah kesepakatan nuklir Iran 2015, Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), menjadi sekitar tiga atau empat bulan, setidaknya berdasarkan laporan publik.”

Untuk membuat satu senjata nuklir diperlukan 25 kilogram uranium yang diperkaya hingga 90%.

AS dan Israel getol menuding Iran berambisi membuat senjata nuklir, namun Iran membantahnya dan memastikan aktivitas nuklirnya semata untuk tujuan damai. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Zarif: Ada Mekanisme untuk Keserentakan Pemulihan Komitmen Iran dan AS kepada Perjanjian Nuklir

Konflik Internal Israel Terkait Masalah Iran Kian Meruncing

DISKUSI: