Ribuan Orang Irak Berkumpul Peringati Kesyahidan Jenderal Soleimani dan Abu Mahdi Al-Muhandis

0
119

Baghdad, LiputanIslam.com   Ribuan orang Irak berkumpul di sebuah jalan menuju Bandara Internasional Baghdad, tempat terjadinya serangan yang menggugurkan Jenderal Soleimani dan Abu Mahdi Al-Muhandis serta beberapa rekan mereka, untuk menandai peringatan tiga tahun peristiwa tersebut.

Dilaporkan bahwa jalan itu berubah menjadi tempat suci bagi warga Irak, sehingga dikunjungi oleh ratusan ribu orang sepanjang tahun, dan pada Senin malam (2/1), ribuan warga Irak berkumpul untuk memperingati gugurnya Jenderal Soleimani dan Abu Mahdi Al-Muhandis.

Warga Irak berbondong-bondong memadati jalan itu dan kawasan sekitarnya sepanjang ratusan meter serta jalan-jalan dekat lokasi gugurnya Jenderal Soleimani dan kawan-kawan.

Tembok Bandara Baghdad yang membentang puluhan meter dihiasi rangkaian bunga dan nama-nama para syuhada yang gugur dalam peristiwa serangan AS tersebut.

Rakyat Irak meneriakkan yel-yel menuntut balas dendam atas darah para syuhada itu serta keluarnya tentara AS dari Irak.

Acara haul yang diselenggarakan di jalan tersebut dihadiri oleh pejabat, tokoh, serta elit politik dan budaya, dan berlangsung hingga tengah malam dan setelah tengah malam, saat kejahatan AS itu terjadi.

Kepala Dewan Unit Mobilisasi Populer (MPU), Faleh Al-Fayyad, dalam pidatonya pada acara itu menegaskan, “Pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani dan Abu Mahdi Al-Muhandis direncanakan oleh Trump, tapi tidak lama kemudian kita melihat Trump berada dalam tong sampah sejarah.”

Al-Fayyad menambahkan bahwa jutaan orang yang berduka atas Jenderal Soleimani dan ini menujukkan tingginya kedudukan dia di hati rakyat.

“Musuh kecewa ketika mereka mengira bahwa dengan pembunuhan dan ketidakhadiran, keinginan bangsa akan dipatahkan,”ungkap Al-Fayyad.

Pada 3 Januari 2020, Letjen Qassem Soleimani gugur oleh pengeboman langsung AS di sebuah jalan menuju Bandara Baghdad. Dia gugur bersama wakil ketua MPU Mahdi Al-Muhandis, dan sejumlah rekan mereka. Pasukan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) lantas membalas dengan membombadir pangkalan utama yang ditempati oleh pasukan AS di Irak. (mm/alalam)

Baca juga:

Kemlu Iran Sebut Pembunuhan Jenderal Soleimani “Aksi Teror Terorganisir” AS

Iran Kirim Pesan Peringatan ke Israel Melalui Latihan Perang ‘Zolfaqar 1401’

DISKUSI: