Iran Kirim Pesan Peringatan ke Israel Melalui Latihan Perang ‘Zolfaqar 1401’

0
184

TelAviv,LiputanIslam.com-Media-media Rezim Zionis dalam laporan-laporan mereka menganalisis latihan perang Tentara Iran bertajuk “Zolfaqar 1401” yang sedang berlangsung saat ini.

Harian Jerusalem Post pada hari Minggu (1/1) melaporkan, drone-drone Iran dalam latihan perang itu terlihat sedang membombardir sebuah maket kapal dan sebuah gudang. Menurut Jerusalem Post, maket kapal itu terlihat mirip dengan kapal perang Saar 6 milik Angkatan Laut Israel.

“Artinya, Iran bukan hanya telah mengambil sampel dari tampilan luar kapal, tapi juga bagaimana cara Israel menyiapkan segala perlengkapannya. Tampaknya ini adalah sebuah pesan jelas dari Iran bahwa mereka bisa mengancam kapal, pelabuhan, dan fasilitas-fasilitas kelautan Israel,”tulis Jerusalem Post.

Harian ini menambahkan, sejumlah analis menyebut maket yang dibuat Iran dalam latihan perang itu adalah pangkalan Angkatan Laut Israel di Eilat. Pada bulan Agustus lalu, Angkatan Laut AS dan Israel melakukan latihan perang bahari gabungan selama 4 hari di Laut Merah. Jerusalem Post menyatakan, drone Shahed 136 Iran bisa menempuh jarak 2.000 km. Artinya, Eilat bisa menjadi disasar oleh drone-drone kamikaze tersebut.

Laporan ini menyebutkan, Iran membuat maket pangkalan Eilat dan kapal Saar 6 di dekat pelabuhan Jask yang terletak di selatan negara itu. Iran juga memiliki sebuah pangkalan Angkatan Laut di dekat kawasan tersebut.

Harian Times of Israel juga memberitakan latihan perang Zolfaqar 1401 berdasarkan foto dan informasi yang diunggah netizen di dunia maya. Harian ini juga melaporkan, serangan ke pelabuhan Eilat di selatan Israel disimulasikan dalam latihan perang Tentara Iran.

“Dalam sebuah peringatan terang-terangan kepada Israel di latihan perang Sabtu lalu, sebuah drone yang membawa bahan peledak diluncurkan dari atas kapal menuju maket pangkalan Angkatan Laut Israel,”tulis Times of Israel.

Berdasarkan foto-foto yang tersebar di media-media Iran, Times of Israel mengklaim bahwa foto-foto itu berkaitan dengan kapal Hengam-Class Landing Ship yang meluncurkan drone Ababil ke arah maket pangkalan Angkatan Laut Israel di Eilat. Di dekat target simulasi itu, ada maket sebuah kapal perang Saar 6 milik Angkatan Laut Tentara Israel. (af/fars)

DISKUSI: