Remehkan Israel, Pejabat Iran Bantah Terjadi Ledakan di Barat Teheran

0
159

Jubir Kemenlu Iran, Abbas Mousavi. Sumber: Presstv

Teheran, LiputanIslam.com Pejabat Iran menepis rumor terjadinya ledakan di Shahr-e Qods dan Garmadareh di barat Teheran, ibu kota Iran, pada Jumat pagi (10/7/2020). Rumor itu sendiri beredar menyusul terjadinya pemadaman listrik.

“Pemadaman listrik juga terjadi di daerah terbatas selama lima atau enam menit, dan pemadaman listrik tidak terjadi secara luas,” ungkap Gubernur Shahr-e Qods Leila Vaseqi saat menepis desas-desus tersebut.

Dilaporkan bahwa rumor itu mulai beredar secara terkoordinasi melalui beberapa akun media yang menyebutkan adanya ledakan dan pemadaman listrik besar-besaran di Shahr-e Qods, Teheran Barat.

Namun, laporan selanjutnya menyatakan bahwa tidak ada ledakan di daerah yang, menurut beberapa berita, ditempati oleh sejumlah situs militer dan pelatihan Iran.

Dalam beberapa pekan terakhir Iran dihebohkan oleh beberapa insiden ledakan dan kebakaran, yang satu di antaranya terjadi di salah satu situs paling sensitif, yaitu fasilitas nuklir Natanz.

Terkait insiden di fasilitas pengayaan uraniaum tersebut juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi mengatakan masih terlalu dini untuk membicarakan penyebab ledakan tersebut.

Namun dia memperingatkan bahwa Teheran akan menunjukkan reaksi keras jika terbukti pihak asing terlibat dalam insiden itu.

“Masih terlalu dini untuk membuat keputusan tentang penyebab utama ledakan (di Natanz), dan badan-badan keamanan terkait menyelidiki setiap detail insiden itu,” kata Mousavi, Jumat.

Dia menambahan bahwa jika Iran berkesimpulan bahwa unsur asing terlibat maka akan diumumkan, dan akan ada reaksi balasan.

Mousavi menilai kecil kemungkinan keterlibatan Israel seperti yang diopinikan oleh beberapa media Israel dan lain-lain. Dia mengatakan bahwa laporan seperti itu bertujuan mengesankan kehebatan rezim Israel, padahal “kosong”. (mm/fna)

Baca juga:

Iran Bantah Adanya Insiden Ledakan Baru di Situs Nuklirnya

Konflik di Israel, Netanyahu Tuding Kepala Shin Bet Berniat Gulingkan Dirinya

DISKUSI: