Konflik di Israel, Netanyahu Tuding Kepala Shin Bet Berniat Gulingkan Dirinya

0
135

TelAviv,LiputanIslam.com-Di tengah perselisihan di Kabinet Israel terkait rencana aneksasi Tepi Barat dan anggaran tahun 2021, ketegangan baru muncul usai terkuaknya biro intelijen Shin Bet yang menyembunyikan info tentang diretasnya HP Benny Gantz (Menteri Perang Israel).

Pada Maret 2019 lalu, Kanal 12 Israel mengabarkan bahwa Nadav Argaman (Kepala Shin Bet) mengadakan pertemuan rahasia dengan Gantz. Dalam pertemuan itu, Argaman memberitahu Gantz bahwa HP-nya telah diretas orang-orang yang terkait dengan Iran.

Menurut harian Haaretz, Benyamin Netanyahu marah karena Shin Bet memendam informasi terkait kejadian ini. PM Israel beberapa kali memarahi Argaman kaerna tidak melapor kepadanya.

Netanyahu menilai Shin Bet mengabaikan protokol keamanan dan berusaha membantu Gantz untuk mengambil alih jabatannya. Dalam salah satu pertemuan khusus, Netanyahu berucap bahwa “Argaman melindungi Gantz.”

Meski demikian, Gantz mengklaim bahwa teleponnya tidak berisi informasi rahasia, sehingga para peretas tak bisa menggunakannya untuk memeras dirinya. Gantz balik menuding Yossi Cohen (Direktur Mossad) bekerjasama dengan Netanyahu untuk mendiskreditkan dirinya.

Beberapa hari lalu, Netanyahu telah memperpanjang masa tugas Cohen untuk 6 bulan ke depan. Dia melakukannya tanpa berkonsultasi dengan Gantz terlebih dahulu. (af/alalam)

Baca Juga:

Mengapa Poros Resistensi Tak Kunjung Membalas Serangan Israel ke Suriah?

Israel Putus Aliran Listrik ke 19 Desa Palestina

DISKUSI: