Relawan Irak Ringkus Pentolan ISIS Pelaku Utama Pembantaian di Kamp Speicher

0
177

Pentolan ISIS Dargham Abu Haydar

Baghdad, LiputanIslam.com  Pasukan relawan Irak Al-Hashd Al-Shaabi berhasil meringkus seorang pentolan kelompok teroris ISIS yang paling bertanggungjawab atas tragedi pembantaian di Kamp Speicher.

“Alhashd Al-Shaabi telah mencokok pelaku utama Tragedi Speicher,” ungkap saluran berita Al-Mayadeen yang berbasis di Beirut, Lebanon, berdasarkan “informasi khusus”, Jumat (1/7).

Menurut Al-Mayadeen, pentolan ISIS itu memiliki julukan Dargham Abu Haydar, “orang yang telah membantai ratusan pemuda di kamp militer Speicher”.

Pembantaian Camp Speicher di Tikrit, Irak utara, terjadi terjadi pada 12 Juni 2014 di mana kawanan teroris ISIS membantai para taruna tak bersenjata Irak yang jumlahnya diperkirakan antara 1.095 hingga 1.700 pemuda.

Saat itu ISIS juga secara brutal menyiksa tubuh beberapa korban serta memfilmkan dan mempublikasikan aksi penyiksaan dan pembantaian itu dengan tujuan menebar heboh dan ketakutan di tengah masyarakat Irak.

Pada 27 Juni 2021, pengadilan Irak mengeluarkan hukuman mati untuk sembilan orang terpidana yang terlibat dalam pembantaian Kamp Speicher.

Informasi yang diterima Al-Mayadeen menyebutkan bahwa Dargham Abu Haydar mengakui telah melakukan pembantaian di Kamp Speicher dan membentuk kelompok-kelompok yang terlibat dalam operasi pembantaian ini”, dan dia semula dilindungi oleh sebuah jaringan bersenjata ISIS sebelum diciduk oleh pasukan relawan Irak. (mm/raialyoum)

Baca juga:

CIA di Suriah Gerakkan Anasir ISIS untuk Perangi Rusia di Ukraina

Menlu Suriah: Mimpi Keji Turki tak akan Menjadi Kenyataan

DISKUSI: