CIA di Suriah Gerakkan Anasir ISIS untuk Perangi Rusia di Ukraina

0
153

Damaskus, LiputanIslam.com  Dinas Rahasia AS (CIA) dilaporkan sedang bekerja untuk merekrut para anggota kelompok teroris ISIS  yang mendekam di penjara dan kamp Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) di Suriah utara, menurut pernyataan sebuah sumber informasi kepada kantor berita Novosti milik Rusia.

“Menurut informasi yang masuk, CIA secara aktif bekerja untuk merekrut para anggota ISIS yang berada di penjara dan kamp yang dikuasai Kurdi di timur laut Suriah. Amerika sedang mengangkut teroris ke fasilitas mereka dengan  dalih melakukan penyelidikan tambahan dengan kemungkinan pengiriman mereka selanjutnya ke Eropa,” ungkap sumber tersebut.

Dia menjelaskan, “Sejauh ini, Kurdi telah menyerahkan ke pihak Amerika beberapa pemimpin tinggi dan sekitar 90 elemen ISIS, yang sebagian besarnya adalah warga negara-negara Uni Eropa dan Irak, serta orang-orang dari Republik Chechnya dan wilayah Uyghur China. Mereka dijadwalkan akan dipindahkan ke wilayah pangkalan militer AS Al-Tanf, Suriah selatan.”

Sumber itu juga mengatakan, “Washington bermaksud di masa mendatang mengirim militan ini ke Ukraina untuk berpartisipasi dalam perang melawan angkatan bersenjata Rusia.” (mm/alalam)

Baca juga:

Menhan Inggris: Jangan Pernah Remehkan Putin

Ukraina Putuskan Hubungan dengan Suriah setelah Damaskus Akui Kemerdekaan Lugansk dan Donetsk.

DISKUSI: