Relawan Irak Gagalkan Upaya “Angen Mossad” Ledakkan Makam Abu Mahdi al-Muhandis

0
150

Najaf, LiputanIslam.com – Pasukan relawan besar Irak Al-Hashd Al-Shaabi telah menggagalkan upaya “agen dinas rahasia Israel, Mossad,” meledakkan makam mantan wakil ketua Al-Hashd al-Shaabi Abu Mahdi al-Muhandis yang terbunuh bersama jenderal legendaris Iran Qassem Soleimani.

Al-Hashd Al-Shaabi mengumumkan bahwa pasukannya dari Brigade II bersama dengan petugas keamanan organisasi relawan ini telah menemukan 10 detonator bom mortir dekat makam itu yang terletak di pemakaman umum Wadi Salam di kota Najaf.

Dilaporkan pula dewasa ini sedang dilakukan penyelidikan bersama badan keamanan Najaf untuk mengungkap sumber barang-barang berbahaya yang diduga akan digunakan untuk membuat bom rakitan tersebut.

Personil Al-Hashd Al-Shaabi kini dikerahkan bersama pasukan keamanan Irak untuk menjaga keamanan makam Al-Muhandis.

Sebelumnya, beberapa sumber melaporkan bahwa 10 peluru mortir 82 mm telah ditemukan dalam bentuk bom rakitan yang diduga akan digunakan untuk meledakkan makam syuhada Abu Mahdi Al-Muhandis.

Abu Mahdi al-Muhandis terbunuh bersama Komandan Pasukan Quds pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Jenderal Qassem Soleimani serta beberapa orang lain yang menyertai keduanya, akibat serangan udara AS di dekat Bandara Internasional Baghdad pada 3 Januari 2020.

Iran menyebut serangan itu sebagai aksi teror, dan pada dini hari Rabu 8 Januari 2020 IRGC membalas serangan AS itu dengan menghantamkan belasan rudal balistiknya ke dua pangkalan militer AS di Irak, termasuk Lanud Ain Assad di dekat perbatasan Suriah yang ditempati oleh ribuan tentara AS. (mm/alalam)

Baca juga:

Para Pejuang Irak Setujui Penangguhan Serangan terhadap Pasukan AS

Aliansi Sairun Tuding AS Terlibat di Kericuhan Karbala

DISKUSI: