Raja Saudi Masuk Rumah Sakit, Kunjungan PM Irak Ditunda

0
116

Potret Raja Salman Bin Abdul Aziz, Raja Arab Saudi. Sumber Foto: Siasat Daily

Riyadh, LiputanIslam.com –  Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi memasuki rumah sakit untuk melakukan beberapa tes, Senin (20/7/2020).

Kantor berita Saudi, SPA, melaporkan pengumuman dari pihak Royal Court yang berbunyi; “Khadimul Haramain memasuki Rumah Sakit Spesialis Raja Faisal di Riyadh untuk melakukan beberapa tes karena mengalami radang kandung empedu.”

Tak ada keterangan lebih lanjut mengenai kondisi kesehatan Raja Arab Saudi dalam pernyataan itu.

Laporan tentang Raja Salman itu diakhiri dengan doa untuk kesehatan dan kesejahteraannya.

Hari itu pula Saudi mengumumkan penundaan kunjungan Perdana Menteri Irak Mustafa Kadhimi ke Riyadh setelah Raja Salman masuk rumah sakit.

Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan melalui Twitter di Twitter memberitahukan penundaan itu beberapa jam setelah Royal Court mengumumkan masuknya Raja Salman ke rumah sakit untuk pemeriksaan medis.

Baca: Saudi Mulai Terapkan Isolasi Mandiri 7 Hari untuk Calon Jemaah Haji

“Kerajaan menghargai pilihan Perdana Menteri Irak untuk mengunjunginya sebagai negara pertama setelah dia menjabat,” ungkap Faisal.

Baca: Sindir Turki, Saudi dan Mesir Kecam “Kelancangan” Terhadap Keamanan  Arab

Dia menambahkan, “Untuk merayakan kunjungan yang sangat penting ini dan keinginan untuk menyediakan segala cara untuk mewujudkannya, para pemimpin kami yang bijaksana, dalam koordinasi dengan saudara-saudara kami di Irak, memilih untuk menunda kunjungan sampai setelah Raja Salman dipulangkan dari rumah sakit.”

Duta besar Irak untuk Riyadh, Qahtan al-Janabi, Ahad lalu dalam pernyataan persnya menyebutkan bahwa kunjungan Kadhimi akan fokus pada pengembangan hubungan Irak dengan lingkungan Arab serta negara-negara jirannya. (mm/raialyoum)

DISKUSI: