Raja Salman Puji Sepak Terjang AS di Timteng

0
146

Riyadh, LiputanIslam.com –   Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, dalam kontak telefon dengan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, memuji sepak terjang AS di Timteng dan menyatakan dukungan kerajaannya kepada Inisiatif Perdamaian Arab untuk penyelesaian konflik Palestina-Israel.

Kantor berita resmi Saudi, SPA, Jumat (69/2020), melaporkan bahwa dalam kontak telefon  telah disinggung perkembangan situasi Timteng, dan Salmanpun “menyatakan penghargaan Kerajaan atas upaya yang dilakukan oleh AS untuk membawakan perdamaian.”

Raja Saudi menegaskan keinginan negaranya “untuk mencapai solusi permanen dan adil untuk masalah Palestina dalam rangka membangun perdamaian, yang merupakan dasar utama untuk upaya Kerajaan dan Prakarsa Perdamaian Arab.”

Pembicaraan via telefon itu dilakukan manakala pemerintahan Trump sedang mengintensifkan upayanya untuk melaksanakan rencana perdamaiannya di Timur Tengah yang dikenal dengan nama “Kesepakatan Abad ini” untuk menyelesaikan konflik Palestina-Israel, termasuk mendorong negara-negara Arab untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Upaya ini menghasilkan pengumuman Uni Emirat Arab (UEA), Israel dan AS pada 13 Agustus lalu dalam sebuah pernyataan bersama bahwa kesepakatan UEA-Israel telah dicapai untuk normalisasi hubungan kedua pihak.

Trump kemudian mengaku melihat adanya kemungkinan Arab Saudi membuat perjanjian serupa dengan Israel, sementara sumber resmi mengatakan bahwa Bahrain adalah negara berikutnya setelah UEA yang akan mengumumkan normalisasi hubungan dengan pihak Israel.

Namun, beberapa pemberitaan media menyebutkan bahwa Raja Salman tetap menentang proses normalisasi hubungan negaranya dengan Israel meski ada kemajuan signifikan dalam upaya mencapai terobosan politik AS dengan Arab Saudi. (mm/rta)

Baca juga:

Trump: Negara-Negara Arab Bertanya Kapan Diumumkan Normalisasi Mereka dengan Israel

Ansarullah Umumkan Serangan Terbarunya ke Beberapa Titik Strategis di Saudi

DISKUSI: