Presiden Venezuela Puji “Keberanian” Iran Kirim Kapal Tanker Minyak

0
233

Caracas, LiputanIslam.com –   Presiden Venezuela Nicolas Maduro memuji “keberanian” Iran mengapalkan minyaknya ke Venezuela di tengah sanksi berat dan ancaman AS.

Dalam pidatonya di Caracas, Maduro berterima kasih kepada pemerintah dan rakyat Iran, terutama Pemimpin Besar Ayatullah Sayid Ali Khamenei, atas “kesediaan, solidaritas, (dan) keberanian mereka, yang telah memungkinkan tiga kapal tiba ke Venezuela dengan (membawa) bensin dan pasokan untuk pemulihan kilang. ”

Maduro mengecam pemerintah AS yang sudah lebih dari setahun mempersekusi semua kapal dan impor pasokan untuk produksi bensin di Venezuela.

“(AS) sudah lebih dari satu tahun mempersekusi semua kapal, semua impor pasokan untuk produksi bensin di Venezuela. Semua kapal yang membawa bensin, ”katanya, seperti dikutip Fars, Kamis (28/5/2020).

Maduro menyebutkan bahwa kondisi itu memuncak pada Februari dan Maret.

“Kami telah melawan dengan suatu rencana, kami telah melawan demi layanan mendasar, tapi kami tak dibiarkan sendirian dalam perlawanan ini, kami telah pergi bertarung pada serangan balik demi menjamin pasokan bensin untuk rakyat, dan kami akan menjaminnya,” terangnya.

Baca: Kapal Tanker Iran di Venezuela, Kemenangan bagi Masyarakat Internasional

Maduro menambahkan, “Venezuela dan rakyat dunia memiliki hak atas kebebasan ekonomi, kebebasan perdagangan, untuk membeli dan menjual semua yang kita butuhkan di dunia.”

Sejauh ini sudah empat kapal tanker minyak Iran telah mencapai Venezuela, sementara satu kapal sisanya masih dalam perjalanan. Pengapalan minyak Iran ke Venezuela itu menimbulkan kebuntuan diplomatik baru antara AS dan Iran.

Baca: Kapal Tanker Minyak Iran ke-4 Masuki Zona Ekonomi Venezuela

Venezuela mengalami krisis bahan bakar bensin akibat sanksi sepihak AS, yang juga telah menjatuhkan sanksi sepihak terhadap Iran. (mm/fna)

DISKUSI: