Presiden Raisi dan MBS Dilaporkan Berkemungkinan Bertemu di Yordania

0
144

Amman, LiputanIslam.com   Sebuah media Lebanon, mengutip sumber informasi, mengklaim bahwa pejabat Iran dan Saudi akan mengadakan pertemuan penting di sela-sela Konferensi Irak di Yordania.

Surat kabar El-Nashra dalam sebuah laporan menyebutkan bahwa edisi kedua Konferensi Bagdad untuk Kerjasama dan Kemitraan akan diadakan pada 20 Desember di ibu kota Yordania, Amman.

Iran, Turki, dan sejumlah negara Arab, termasuk Arab Saudi, seharusnya berpartisipasi dalam pertemuan ini.

Beberapa sumber Lebanon menyebutkan bahwa masalah pemilihan presiden Lebanon seharusnya dibahas dalam pertemuan ini, dan mengklaim bahwa Presiden Iran Sayid Ebrahim Raisi dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) akan bertemu di sela-sela  konferensi di Amman tersebut.

Sumber-sumber Iran belum mengkonfirmasi adanya rencana pertemuan Presiden Raisi dengan MBS.

Sementara itu, sumber informasi yang mengetahui pembicaraan belakangan ini antara Iran dan Arab Saudi mengklaim bahwa pertemuan antara Teheran dan Riyadh di Baghdad tidak mencapai hasil yang nyata.

Sumber itu mengatakan bahwa pertemuan antara pejabat Iran dan Saudi difokuskan pada perang Yaman dan pembukaan kembali kedutaan.

Menurut sumber itu, Lebanon sama sekali tidak dibahas dalam negosiasi antara Iran dan Arab Saudi.

Yordania akan menjadi tuan rumah putaran kedua Konferensi Bagdad untuk Kerjasama dan Kemitraan pada 20 Desember, di mana sejauh ini, Irak, Mesir, dan Prancis telah secara resmi mengumumkan kehadiran mereka.

Saat mengumumkan tanggal konferensi itu pada minggu lalu, Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein juga menyampaikan undangan ke Turki dan Iran.

Konferensi Baghdad pertama diadakan pada Agustus tahun lalu dengan kerjasama Paris, dan bersama dengan Macron, para pemimpin Iran, Arab Saudi, Turki, Kuwait, Yordania, Qatar, Mesir, dan Uni Emirat Arab diundang. (mm/raialyoum/mna)

Baca juga:

Pengayaan Uranium Iran Resmi Capai Kemurnian 60%.

Kepala CIA: Kerjasama Militer Rusia- Iran Masuki Babak Awal Kemitraan Pertahanan

DISKUSI: