Pengayaan Uranium Iran Resmi Capai Kemurnian 60%.

0
179

Teheran, LiputanIslam.com   Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) menyatakan pengayaan uranium negara ini secara resmi telah mencapai volume kemurnian 60 persen.

Juru bicara AEOI, Behrouz Kamalvandi, menyatakan demikian dalam pertemuan dengan sejumlah anggota parlemen Iran, Sabtu (17/12), sembari menyebutkan bahwa hal itu dilakukan sesuai undang-undang yang dijuluki Rencana Aksi Strategis untuk Melawan Sanksi, yang bertujuan melawan sanksi dan mempromosikan program nuklir damai Iran.

Dia mengatakan undang-undang parlemen telah “memberikan kondisi yang baik bagi negara, dan sekarang pengayaan (uranium) kita secara resmi telah mencapai 60% sesuai dengan undang-undang ini.”

Dia menambahkan bahwa Iran mengejar rencana penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan dan tanpa henti, sementara upayanya untuk memperbarui mesin sentrifugal generasi baru adalah yang terbaik.

Sementara itu, Kepala AEOI Mohammad Eslami di hari yang sama mengatakan bahwa undang-undang parlemen telah berkontribusi pada pengembangan industri nuklir Iran, dan bahwa kapasitas pengayaan uranium di Iran saat ini dua kali lebih tinggi dari total kapasitas sejak awal industri nuklir di negara ini.

Dia menambahkan bahwa dokumen komprehensif telah disusun untuk pengembangan industri dan penciptaan kapasitas domestik di berbagai industri negara, dan  AEOI bertindak berdasarkan dokumen ini.

Eslami memastikan pembangkit listrik tenaga nuklir telah memberikan keuntungan ekonomi yang cukup besar bagi negara, mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, dan mencegah masalah lingkungan.

Eslami juga menyebutkanbahwa pengembangan energi nuklir dapat membantu sektor lain, termasuk kedokteran dan pertanian. (mm/presstv)

Baca juga:

Jenderal Salami: Semua Musuh Berlomba Menghasut Rakyat Iran

Presiden Raisi: Bangsa Iran Pantang Menyerah kepada Sanksi dan Intimidasi Barat

DISKUSI: