Presiden Palestina dan Presiden Aljazair Bahas Upaya Pencegahan Masuknya Israel ke Uni Afrika

0
215

Ramallah, LiputanIslam.com –  Presiden Palestina Mahmoud Abbas tiba di Aljazair, Ahad (4/12), dalam kunjungan tiga hari di mana dia akan membahas persiapan untuk Konferensi Tingkat Tinggu (KTT) Liga Arab yang akan diselenggarakan di Aljazair pada akhir Maret 2022.

Abbas dijadwalkan  menemui sejawatnya di Aljazair, Abdelmadjid Tebboune, juga untuk membahas upaya mencegah bergabungnya Israel  dengan Uni Afrika.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Maliki di Ramallah mengatakan kepada wartawan bahwa Abbas akan menekankan supaya perjuangan Palestina menjadi agenda utama KTT Liga Arab.

Menurut Maliki, Aljazair memimpin gerakan protes di dalam Uni Afrika untuk mencegah akses Israel, meski dengan status sebagai anggota pengamat.

Abbas juga dijadwalkan akan mengunjungi Tunisia atas undangan Presiden Kais Saied untuk membahas hubungan bilateral dan peran Tunis di PBB dan organisasi regional dan internasional. Dia juga akan meresmikan gedung baru Kedutaan Besar Negara Palestina di Tunis.

Abbas baru-baru ini menyelesaikan safari luar negeri, termasuk ke Rusia, Qatar, Italia dan Vatikan, sebagai bagian dari intensitas upaya diplomatiknya di tengah frustrasi terhadap kelambanan pemerintah AS dalam mendukung proses politik.

Abbas berharap masyarakat internasional menanggapi rencananya untuk mengaktifkan kerja Kuartet Internasional di Timur Tengah sebelum penyelenggaraan konferensi perdamaian internasional.

Dia berharap komite yang meliputi Rusia, AS, PBB dan Uni Eropa itu dapat membangun mekanisme praktis guna memajukan proses penyelesaian di Timur Tengah dengan mensponsori negosiasi antara Palestina dan Israel. (mm/aa/raialyoum)

Baca juga:

[Video:] Inna Lillahi, Pasukan Israel Tembak Pemuda Palestina dari Jarak Dekat

Bennett: Sudah Tiba Saatnya Israel Gunakan Segala Cara terhadap Iran

DISKUSI: