Presiden Iran: Negara-Negara yang Mengabaikan Kejahatan AS dan Israel akan Picu Amarah

0
369

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan bahwa negara-negara regional Timteng yang mengabaikan tujuan hegemonik Amerika Serikat (AS) dan rezim Zionis Israel akan mendatangkan murka.

“Di kawasan ini, negara yang menutup mata di depan tujuan hegemonik AS dan Rezim Zionis, tidak hanya akan menginjak hak bangsanya, melainkan juga akan memicu kemarahan negara-negara Muslim,” kata Raisi dalam panggilan telepon dengan mitranya dari Irak, Barham Salih, Ahad (3/4).

Raisi menekankan pentingnya upaya membangun keamanan dan perdamaian di kawasan tanpa campur tangan kekuatan asing, dan menyatakan bahwa perjalanan waktu telah membuktikan kebenaran pernyataan Pemimpin Besar Iran Ayatullah Sayid Ali Khamenei bahwa AS sebenarnya tak bersimpati kepada negara-negara Muslim di kawasan, terutama di Irak.

“Sekarang jelas bagi semua orang bahwa pihak asing hanya mengejar kepentingan dan tujuan hegemonik mereka sendiri” ujar Raisi.

Dia menambahkan, “Kami menganggap ketidakamanan sekecil apa pun di Irak merugikan seluruh kawasan. Karena itu, kami menyambut baik realisasi kepentingan rakyat Irak dan pembentukan pemerintahan yang kuat di negara ini.”

Di pihak lain, Presiden Irak menekankan perlunya kerjasama antara kedua negara untuk mengatasi tantangan regional. Salih mengatakan pembentukan stabilitas dan keamanan di kawasan sangat penting dan menyatakan optimisme negaranya tentang peran aktif Iran dalam hal ini.

Salih juga menegaskan bahwa krisis regional dapat diselesaikan melalui kehendak negara-negara di kawasan tanpa campur tangan kekuatan asing. (mm/presstv)

Baca juga:

Soal Hubungan dengan Israel, Panglima IRGC Beri Peringatan Keras terhadap UEA dan Bahrain

Hizbullah: Pertemuan Sebagian Negara Arab dengan Israel tak Dapat Memberi Keamanan bagi Israel

DISKUSI: