Presiden Iran dan Presiden Turki Tekankan Kerjasama Pengadaan Stabilitas Regional

0
183

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden Iran Sayid Ebrahim Raisi dalam percakapan telefon dengan sejawatnya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, Rabu (11/8) menekankan pentingnya kerjasama erat antara kedua negara Iran dan Turki dalam upaya penegakan perdamaian, keamanan dan stabilitas regional.

Sambil menekankan perlunya mempercepat pengaturan pertemuan Dewan Tinggi Kerjasama ke-7 antara Iran dan Turki, Raisi mengatakan, “Saya yakin bahwa kerjasama antara Iran dan Turki akan membawa kemajuan dan perdamaian bagi kedua negara serta pemulihan keamanan dan perdamaian bagi kawasan dan umat Islam.”

Menyinggung besarnya kemampuan dan potensi Iran dan Turki di dunia Islam, Raisi menekankan bahwa membantu dan menyelamatkan orang-orang tertindas Palestina dari penindasan Zionis akan menjadi pertimbangan serius kedua negara.

Di pihak lain, Presiden Erdogan kembali mengucapkan selamat atas terlantiknya Raisi sebagai presiden Iran. Erdogan mengatakan bahwa kerjasama bilateral dan regional antara kedua negara Iran dan Turki akan diperkuat di segala bidang pada masa jabatan baru.

Erdogan juga berterima kasih kepada Iran atas bantuan kemanusiaannya kepada Turki dalam pengendalian kebakaran hutan melanda sebagian wilayah Turki belum lama ini. (mm/mna)

Baca juga:

Panglima IRGC: Para Pejuang Irak Gembosi Kekuatan AS di Irak

Iran Tegaskan Tak Ragu Bela Hak Kedaulatannya di Teluk Persia

DISKUSI: