Presiden Baru Iran Sayid Ebrahim Raisi: Kami Julurkan Tangan kepada Negara-Negara Jiran

0
336

Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden baru Iran Sayid Ebrahim Raisi dalam kata sambutan usai upacara pengangkatan sumpah di gedung parlemen Iran, Majelis Syura Islam, menekankan penyelesaian krisis regional melalui “dialog sejati” antarnegara regional.

“Kami menjulurkan tangan persahabatan kepada segenap negara regional, terutama jiran,” ungkapnya dihadapan para anggota Majelis Syura Islam, para petinggi militer, Ketua Mahkamah Agung Hujjatul Islam Gholam-Hossein Mohseni-Eje’i serta puluhan delegasi dari luar negeri, Kamis (5/8).

Raisi mengatakan, “Penguatan pasukan Iranlah yang akan menyediakan keamanan dan stabilitas di kawasan, dan menjadi pembendung di depan kekuatan-kekuatan arogan… Krisis regional hendaknya diselesaikan melalui dialog sejati antarnegara regional.”

Dia juga menegaskan negaranya akan terus berpihak kepada kaum tertindas di manapun.

“Kami bersama orang yang tertindas di manapun, di Suriah, Palestina, Afrika, atau Yaman,” ujarnya.

Presiden Raisi memastikan campurtangan asing di kawasan Timur Tengah tak akan dapat menyelesaikan masalah, “karena justru merupakan masalah itu sendiri”.

Menyinggung permusuhan AS terhadap Iran, dia menekankan keharusan negara arogan itu mencabut sanksinya terhadap Iran.

“Kebijakan tekanan dan boikot tak akan pernah dapat mengalihkan bangsa Iran dari tuntutan akan haknya yang sah, termasuk di bidang sains,” imbuhnya.

Mengenai proyek nuklir Iran, presiden berserban hitam sebagai pertanda bahwa dia adalah seorang “sayyid” atau “habib” (keturunan Nabi Muhammad saw) ini mengatakan, “Program nuklir Iran bertujuan damai, dan senjata nuklir secara syariat hukumnya haram dalam akidah kami.”

Raisi juga menekankan bahwa revolusi Islam Iran yang dipelopori oleh Imam Khomaini telah membuka babak baru kebebasan dan demokrasi di negara ini, dan kehendak bangsa Iran sudah mengkristal untuk melanjutkan proses revolusi ini dan mengelola negara di jalur kebebasan, keadilan dan pembangunan, dan oleh sebab itu dia mengaku bangga “menjadi pelayan bagi rakyat Iran”. (mm/alalam)

Baca juga:

Panglima IRGC: Pasukan Iran Siap Ladeni Serangan Musuh

Delegasi Saudi Dilaporkan akan Hadiri Pelantikan Raisi sebagai Presiden Iran

DISKUSI: