Delegasi Saudi Dilaporkan akan Hadiri Pelantikan Raisi sebagai Presiden Iran

0
299

Teheran, LiputanIslam.com –  Media Iran, Selasa (3/8), mengutip pernyataan sumber-sumber di parlemen negara ini bahwa Arab Saudi akan mengirim delegasi ke Iran untuk mengikuti upacara pelantikan Sayid Ebrahim Raisi sebagai presiden Iran.

Juru bicara dewan pimpinan parlemen Iran, Nizamuddin Mousavi, mengatakan bahwa tak kurang dari 73 negara telah menyatakan kesiapan mereka untuk mengikuti pelantikan tersebut.

“115 pejabat resmi dari 73 negara telah menyatakan kesiapan mereka sejauh ini untuk berpartisipasi dalam upacara pelantikan presiden terpilih. 10 presiden, 20 ketua parlemen, 11 menlu, 10 menteri, dan para delegasi kepala negara dan para wakil ketua parlemen akan menghadiri upacara ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Para pejabat 11 organisasi internasional dan regional, utusan Sekjen PBB, Ketua OPEC, para pejabat IPU, Uni Eropa, Eurasia, Uni Parlemen Negara Anggota OKI dan Asia, serta ECO, Sica dan D8 juga akan menghadiri pelantikan.”

Dia menjelaskan bahwa sesuai kontitusi, susunan acara yang akan dijalankan adalah upacara pelaksanaan yang dipimpin oleh Pemimpin Besar Iran Sayid Ali Khamenei, upacara pengangkatan sumpah presiden terpilih, pemberian mosi percaya Majelis Permusyawaratan Islam untuk pembentukan pemerintahan oleh presiden, dan setelah itu pemerintahan baru Iran mengambil alih kewenangan.

Mousavi juga menyebutkan bahwa setelah pelaksanaan pengambil alihan kepresidenan juga akan dilakukan pengambilan sumpah presiden di Dewan Permusyawaratan Islam pada hari Kamis sesuai pasal 121 di hadapan Ketua Mahkamah Agung dan para anggota Dewan Garda Konstitusi. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Utusan Uni Eropa Hadiri Pelantikan Presiden Baru Iran, Israel Marah Besar

Jenderal Iran: Musuh Gentar Melihat Kemampuan Pertahanan Udara dan Drone Iran

DISKUSI: