Pelesiran ke Tel Aviv, Wanita Saudi ini Ikut Promosikan Normalisasi Hubungan dengan Israel

0
190

TelAviv, LiputanIslam.com –   Seorang wanita Saudi yang menyebut dirinya bergelar Doktor dan berprofesi sebagai peneliti komunikasi politik berkunjung ke Israel, dan begitu tiba di Tel Aviv dia segera memosting foto-foto keberadaannya di sana, dengan maksud tentunya untuk mempromosikan normalisasi hubungan Saudi dengan negara Zionis ilegal di tanah Palestina tersebut.

Wanita bernama Najat al-Saeed itu di akun Twitternya pada hari Senin (7/2) tampak berusaha memecah ketabuan hubungan dengan Israel dengan cara memosting foto disertai komentar berbahasa Inggris yang artinya: “Baru saja mendarat di Tel Aviv. Perasaan apa ini. (betapa asyiknya – red).”

Dia juga memosting beberapa foto lain keberadaannya di salah satu kota Israel disertai komentar; “Tersayangku, Avital Shneller, mengambil gambarku di sekitar sejak saya mendarat. Gambar luar ruangan pertama berada di sebelah Kediaman Presiden. Dia membuatku merasa di rumah (sendiri). Keluarganya sangat manis dan sangat ramah.”

Sebelumnya, plesiran ke Israel dan aktivasi diplomasi publik untuk mempromosikan normalisasi hubungan dengan rezim Zionis juga pernah dilakukan oleh beberapa warga Saudi lain, yang tak ayal menimbulkan banyak reaksi, terutama dari orang-orang Palestina.

Pada tahun 2019, beberapa media melaporkan kunjungan sekelompok warga Saudi ke Israel, tapi Riyadh membantahnya. Namun sekarang Riyadh malah terkesan membiarkannya agar tercipta opini bahwa plesiran warganya itu mefleksikan bahwa normalisasi hubungan Saudi dengan Israel merupakan aspirasi dan kehendak masyarakat Saudi.

Beberapa negara Arab jirannya di Teluk Persia sudah menormalisasi hubungan dengan Israel, sedangkan Saudi selama ini tampak sangat berminat melakukan hal yang sama namun masih ragu dan masih mempertimbangkan reaksi publik Arab. (mm/fna)

Baca juga:

Haaretz: Dalam Perang Mendatang, Tel Aviv akan Perintahkan Aksi Bunuh Diri

Erdogan Mengaku Berusaha Alirkan Gas Israel ke Eropa

DISKUSI: