Erdogan Mengaku Berusaha Alirkan Gas Israel ke Eropa

0
61

Ankara, LiputanIslam.com –  Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan bahwa negaranya dan Rezim Zionis Israel dapat bekerjasama untuk menyalurkan gas alam Israel ke Eropa, dan kedua negara akan membahas kerjasama energi dalam pembicaraan bulan depan.

“Kami dapat menggunakan gas alam Israel di negara kami, dan selain menggunakannya, kami juga dapat terlibat dalam upaya bersama dalam perjalanannya ke Eropa,” kata Erdogan kepada wartawan dalam penerbangan pulang dari Ukraina, sebagaimana dikutip media Turki pada hari Jumat (4/2).

“Sekarang, insya Allah, masalah ini akan menjadi agenda kami dengan Tuan Herzog selama kunjungan mereka ke Turki,” lanjutnya.

Erdogan telah mengunjungi Ukraina untuk membahas krisis di sana.

Pada November lalu Erdogan telah berbicara dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett melalui panggilan telepon untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam penerbangan pulang dari Ukraina, Erdogan mula-mula mengritik sikap Barat terhadap krisis antara Rusia dan Ukraina dan menyebutkan bahwa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sampai sekarang belum memperlihatkan metode yang positif untuk menyelesaikan krisis ini, dan bahwa Barat malah memperparah keadaan.

Dia juga mengaku bahwa setelah mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin beberapa waktu lalu dia mendapat tugas untuk menengahi antara Rusia dan Ukraina.

“Kami akan menerima tugas ini dan berusaha melaksanakan tanggungjawab yang dilimpahkan kepada kami,” ujarnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, para pejabat dan media Barat mengklaim bahwa Ukraini akan segera diinvasi oleh Rusia. Klaim ini tak pelak meningkatkan tekanan pada Moskow. AS dan sekutunya menyiapkan sanksi berat terhadap Rusia dan bahkan  menambah jumlah pasukan dan peralatan militer mereka di Eropa Timur. (mm/reuters/anadolu)

Baca juga:

Merasa Dibohongi Soal Tenggat Waktu Perundingan Nuklir Iran, Lobi Yahudi AS Geram

Didukung Israel, Saudi Luncurkan Operasi Spionase ‘Kahf’

DISKUSI: