Petinggi Parlemen Iran Sebut Kompromi UEA dengan Israel Langgar Garis Merah

0
107

Teheran, LiputanIslam.com –  Penasihat Khusus ketua Parlemen Iran untuk Urusan Internasional Hossein Amir Abdollahian mengecam kompromi Uni Emirat Arab (UEA) dengan Israel, dan menyebut salah satu negara emir di pesisir Teluk Persia itu telah melanggar batas keamanan di kawasan ini.

“Abu Dhabi secara tidak bijaksana melanggar garis merah keamanan regional,” tulis Amir Abdollahian di akun Twitter-nya, seperti dikutip Fars, Jumat (21/8/2020).

Dia mengingatkan “Selain Rezim Zionis (Israel), UEA harus bertanggung jawab atas konsekuensi fatal dari situasi regional mulai sekarang”.

Abdollahian juga menegaskan, “Setiap insiden yang terjadi hari ini di kawasan Teluk, di mana Israel terlibat secara rahasia atau terbuka, menanggung konsekuensi yang tak terelakkan dan berbahaya,” katanya.

Seperti diketahui, Presiden AS Donald Trump pekan lalu mengumumkan kesepakatan antara Israel dan UEA yang ditengahi oleh AS dan disebut-sebut mengarah kepada normalisasi hubungan antara keduanya.

Presiden Iran Hassan Rouhani, juga telah mengecam perjanjian itu dan menyebutnya “100 persen salah” dan merupakan bingkisan “hadiah untuk Presiden AS Donald Trump menjelang pemilu”. (mm/fna/amn)

Baca juga:

Perdana Menteri Pakistan Pastikan Tak akan Ikut Mengakui Eksistensi Israel

Komunitas Yahudi Iran Kutuk Normalisasi Hubungan UEA- Israel

 

DISKUSI: