Pesawat Iran Peringatkan Kapal Perang AS untuk Tidak Cegat Kapal Tanker Iran

0
160

Teheran, LiputanIslam.com – Sebuah insiden berbahaya terjadi antara pasukan Amerika Serikat (AS) dan Iran terkait dengan pelayaran kapal tanker minyak Iran ke Venezuela, demikian dikatakan oleh Sekretaris Dewan Kebijaksanaan Iran Mohsen Rezai.

Dalam pidatonya di Teheran, Ahad (21/6/2020), Rezai mengatakan, “Selama perjalanan kapal-kapal tanker minyak Iran baru-baru ini ke Venezuela, Amerika berniat menghambat pergerakan tanker-tanker kami. Tapi kami mengirim pesawat-pesawat pengintai di atas kapal-kapal Amerika, dan kami mengeluarkan peringatan kepada mereka. Berkat ancaman ini, tanker kami tiba di Venezuela. ”

Tanpa mengungkap rincian lebih lanjut mengenai insiden itu, dia menambahkan bahwa Iran telah menangkap gambar-gambar detail AS dan Israel melalui pencitraan satelit militer “Noor 1” yang diorbitkan oleh Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) pada bulan Mei lalu.

Dia mengatakan bahwa negaranya memantau atmosfer kedua negara.

“Itu berada di luar pengawasan kami terhadap gerakan mereka di Suriah dan Irak,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mayjen Mohammad Bagheri, mengungkapkan bahwa AS berupaya memasang beberapa jebakan untuk mencegah kapal tanker Iran mencapai Venezuela.

Iran membantu dan menyuplai jutaan barel bensin dan produk minyak Bumi lain ke Venezuela yang dilanda krisis bahan bakar akibat blokade AS. Suplai itu dikirim Iran dengan lima kapal tanker yang semuanya sekarang sudah meninggalkan Venezuela.

Baca: IRGC: Musuh Sudah Tak Bernyali untuk Bertarung Militer dengan Iran

Satu lagi kapal tanker Iran yang menjadi kapal ke-6 berhasil mencapai perairan Venezuela untuk pasokan minyak dan kebutuhan lain.

Menurut laporan pelacakan maritim terbaru, kapal tanker “Golsan” berbendera Iran telah memasuki perairan Venezuela dan diperkirakan akan mencapai tujuannya dalam beberapa jam mendatang.

Baca: Iran akan Membuat Payung Rudal Berjarak Jauh dan Berketinggian Maksimum

Selain memuat bahan bakar, Golsan juga dilaporkan mengangkut peralatan dan suku cadang untuk perbaikan kilang minyak Venezuela. (mm/raialyoum/amn)

DISKUSI: