Pertempuran Menghebat Antarkubu Pro-Koalisi Arab di Yaman

0
171

Aden, LiputanIslam.com –  Pertempuran antarkubu pasukan yang didukung koalisi Arab di Yaman dilaporkan semakin menghebat oleh koresponden RT Arabic milik Rusia, Jumat (19/6/2020).

Disebutkan bahwa pertempuran pasukan loyalis presiden pelarian Yaman, Abd Rabbuh Mansour Hadi, yang didukung Arab Saudi melawan pasukan Dewan Transisi Selatan (STC) yang didukung Uni Emirat Arab menghebat di Wadi Sali, Provinsi Abyan, di bagian tenggara Yaman.

Tanpa menyinggung dampak pertempuran itu, koresponden RT Arabic menyebutkan bahwa kedua pihak sama-sama mengerahkan segala jenis senjata berat yang mereka miliki.

Sebelumnya di hari yang sama, pasukan STC mengaku dapat menghalau serangan loyalis Hadi di dekat kota Shakra, Provinsi Abyan.

Juru bicara STC Provinsi Abyan, Mohamed al-Naqib, menyatakan pihaknya berhasil menghancurkan beberapa peralatan tempur pasukan lawan.

Sementara itu, surat kabar al-Mashhad al-Yemeni mengutip pernyataan sumber loyalis Hadi bahwa pasukan STC telah mengambil alih Direktorat Keamanan Pulau Socotra setelah terlibat kontak senjata dengan pasukan Hadi di pulau itu.

Baca: Pemimpin Ansarullah Yaman Ingatkan Keberpihakan Saudi dan UEA  kepada Israel

Sumber itu menambahkan bahwa Departemen Keamanan Hadibo, ibukota Kepulauan Socotra, berada di bawah kendali pasukan STC.

Al-Alam melaporkan bahwa sumber-sumber lokal menyatakan pertempuran belakangan ini antara kedua pihak selain menyebabkan kerusakan besar pada kota Hadibo juga menjatuhkan korban militer dan sipil.

Baca: PBB Hapus Koalisi Arab dari Daftar Hitam, Begini Kecaman Ansarullah Yaman

Pertempuran yang terjadi belakangan ini  merupakan bagian dari serangkaian pertempuran yang melanda Pulau Socotra, di mana UEA merekrut ratusan orang di luar kerangka pemerintahan Mansour Hadi. (mm/rtarabic/almashhadalyemeni/alalam)

DISKUSI: