Pertama Sejak Pengumuman Perjanjian Abad Ini, Roket Ditembakkan dari Gaza ke Israel

0
193

Gaza, LiputanIslam.com –  Militer Israel pada Rabu malam (29/1/2020) menyatakan bahwa untuk pertama kalinya sejak Presiden AS Donald Trump mengumumkan Perjanjian Abad Ini, roket Palestina telah ditembakkan dari Jalur Gaza ke wilayah Israel.

Perjanjian Abad ini adalah prakarsa AS untuk perdamaian Palestina-Israel, namun ditolak mentah-mentah oleh Palestina dan disambut baik hanya oleh Rezim Zionis Israel.

Militer Israel dalam sebuah pernyataannya saat itu menyebutkan, “Beberapa menit lalu telah ditembakkan sebuah roket dari Jalur Gaza ke Israel”.

Menurut militer Israel, penembakan roket itu dilakukan tak lama setelah mereka memperkuat keberadaannya di wilayah pendudukan Tepi Barat dan di dekat Jalur Gaza.

Pada Rabu sore militer Israel mengerahkan balatentaranya di Tepi Barat dan di dekat perbatasan Israel dengan Jalur Gaza untuk mengantisipasi kemarahan orang-orang Palestina menyusul pengumuman Perjanjian Abad Ini.

Baca: Protes Deal of The Century, Warga Gaza Lakukan Pemogokan Massal

“Setelah dilakukan evaluasi, maka diputuskan untuk penguatan pasukan di dua front Yudea dan Samaria serta  Jalur Gaza dengan balatentara,” bunyi pernyataan militer Israel. “Yudea dan Samaria” adalah nama yang dipakai dalam kitab Talmud dalam menyebut kawasan Tepi Barat.

Baca: Tentara Israel Lukai Demonstran Gaza di Aksi Anti Perjanjian Abad Ini

Tak ada keterangan mengenai akibat penembakan roket itu, namun biasanya pihak Israel menyatakan bahwa roket yang ditembakkan dari Gaza jatuh di tempat terbuka sehingga tidak menimbulkan korban dan kerugian, meskipun dalam beberapa kasus terungkap adanya korban dan kerugian. (mm/raialyoum)

DISKUSI: