Tentara Israel Lukai Demonstran Gaza di Aksi Anti Perjanjian Abad Ini

0
54

Gaza, LiputanIslam.com—Sebanyak 13 demonstran Palestina mengalami luka-luka  oleh tentara Israel dalam aksi protes anti ‘Perjanjian Abad Ini’ yang diikuti oleh ribuan pengunjuk rasa di kota Gaza.

Para pengunjuk rasa berkumpul di jalanan kota Gaza pada Selasa (28/1) sambil meneriakkan slogan-slogan yang menunjukkan penolakan terhadap Perjanjian Abad Ini yang diprakarsai AS. Mereka juga mengangkat spanduk bertuliskan: “The deal of shame shall not pass (Perjanjian memalukan itu tidak boleh disahkan!

Aksi tersebut kemudian diserang oleh tentara Israel dengan tembakan peluru dan gas air mata. Satu orang dibawa ke rumah sakit karena terkena peluru karet, sementara 12 lainnya menderita paparan gas air mata.

“Apa yang terjadi hari ini adalah bencana baru bagi rakyat Palestina, dan agresi ganda Amerika-Israel terhadap Palestina bertujuan melikuidasi masalah Palestina demi entitas Israel,” kata juru bicara Hamas, Fouzy Barhoum, merespon kejadian tersebut.

Sebelumnya, Komisaris Informasi Fatah, Munther Al-Hayek, menyerukan kepada rakyat Palestina untuk “hadir [dalam aksi protes] untuk mengumumkan hari-hari kemarahan di hadapan dunia.”

“Trump tidak dapat menjamin masa depan politiknya, dia juga tidak dapat mendukung kemenangan Netanyahu dalam pemilu setelah menyatakan Perjanjian Abad Ini,” tutur Pemimpin Gerakan Jihad Islam, Ahmed Almdalal.

Menurutnya, rakyat Palestina tidak akan membiarkan perjanjian tersebut disahkan, sebab “tanah ini adalah milik kita dan Yerusalem adalah milik kita. Karena itu, [perjanjian] itu tidak akan berlalu tanpa melalui mayat kita.” (ra/presstv)

DISKUSI: