Pertama Sejak 2012, Tentara Suriah Kuasai Penuh Jalur Damaskus-Aleppo

0
84

Damaskus, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Saudi (SAA) berhasil menguasai secara penuh jalur bebas hambatan Damaskus-Aleppo untuk pertama kalinya sejak tahun 2012.

Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) melaporkan bahwa keberhasilan menguasai jalur strategis bernama “M5” itu dicapai SAA, Selasa (11/2/2020), setelah merebut kawasan al-Rashidin al-Rabiah di pinggiran kota Aleppo, dan dalam kelanjutan operasi militer yang dimulai pada 24 Januari lalu dan sejauh ini telah berhasil membebaskan sekira 160 daerah di provinsi Idlib dan Aleppo.

Sembari menyebutkan daftar ratusan nama daerah, SOHR juga melaporkan bahwa SAA telah membebaskan sebanyak 57 daerah di bagian selatan dan barat provinsi Aleppo, dan 101 daerah di Idlib.

SOHR juga melaporkan bahwa dua pilot Suriah tewas ketika helikopter yang mereka awaki ditembak jatuh oleh pasukan Turki di dekat desa Qaminas di tenggara kota Idlib.

Dalam sebuah rekaman video amatir yang beredar di media sosial terlihat sebuah helikopter terjun bebas dalam kondisi terbakar dan mengeluarkan kepulan asap tebal.

Pemerintah Turki yang menyokong kelompok-kelompok pemberontak Suriah mengumumkan jatuhnya helikopter itu namun tanpa menyebutkan bahwa pihaknyalah yang bertanggungjawab atas insiden tersebut.

Baca: Foto: Konvoi Militer Turki Hancur Digempur Tentara Suriah

Laporan lain menyebutkan bahwa jet-jet tempur Rusia menggempur kawasan sekitar Resimen 46 di bagian barat provinsi Aleppo yang menjadi tempat konsentrasi pasukan Turki, Selasa, namun tidak ada keterangan lebih lanjut tentang ini, kecuali bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dijadwalkan membicarakan perkembangan situasi di Suriah dengan sejawatnya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, via telefon.

Baca: SAA Terus Bergerak Maju di Provinsi Idlib, Turki Kerahkan Ratusan Kendaraan Lapis Baja

Dilaporkan pula bahwa pada hari itu sebanyak 19 kombatan dari kelompok-kelompok pemberontak Suriah tewas dalam pertempuran dengan SAA di provinsi Idlib dan Aleppo. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS: