Foto: Konvoi Militer Turki Hancur Digempur Tentara Suriah

0
404

Idlib, LiputanIslam.com –  Para aktivis di Suriah memublikasi beberapa foto yang memperlihatkan kehancuran beberapa tank dan kendaraan militer Turki akibat serangan artileri yang dilakukan Pasukan Arab Suriah (SAA) sebagai balasan atas serangan militer Turki terhadap beberapa posisi SAA di provinsi Idlib, Senin (10/2/2020).

Dalam foto-foto itu terlihat beberapa truk tailer, tank dan amunisi Turki hangus secara total, dan terdapat laporan jatuhnya beberapa korban di pihak militer Turki dan kawanan bersenjata yang didukung Turki.

Kementerian Pertahanan Turki menyatakan enam tentara negara ini tewas dan tujuh lainnya terluka akibat serangan udara SAA ke beberapa posisi militer Turki di dekat bandara Taftanaz di bagian barat laut provinsi Idlib.

Kementerian ini juga mengklaim bahwa sebanyak 101 tentara Suriah telah “dinetralkan” (ditewaskan) oleh tentara Turki di Idlib, namun SAA membantahnya.

“Apa yang dinyatakan Kementerian Pertahanan Turki mengenai tewasnya tentara Suriah hari ini di Idlib sama sekali tidak benar, dan semata-mata demi menutupi tewasnya tentara Turki sendiri serta kehancuran tank dan mobil lapis bajanya di Bandara Taftanaz setelah tentara Suriah mendapat serangan dari tentara Turki dan kelompok-kelompok oposisi,” ungkap narasumber yang enggan disebutkan identitasnya kepada DPA, Senin.

Gempuran SAA tersebut merupakan peringatan Damaskus terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang dinilai terlampau jauh menyokong kelompok-kelompok teroris, terlebih setelah tersiar penggalan-penggalan video yang memperlihatkan momen-momen di mana kawanan teroris menerima suplai senjata dan kendaraan militer Turki.

Sejak awal bulan ini Turki telah beberapa kali mengirim konvoi militer dalam jumlah besar yang terdiri atas tank dan kendaran-kendaraan lapis baja lain dengan dalih mempertahankan pos-pos pantau militer Turki di provinsi Idlib dan pinggiran provinsi Aleppo.

Erdogan telah berulang kali mengancam akan menyerang SAA jika pasukan pemerintah Suriah ini tidak keluar dari posisi-posisi yang mereka rebut belakangan ini.

Baca: Tentara Suriah Hampir Kuasai Penuh Jalur Aleppo-Damaskus

Kementerian Pertahanan Turki sebelumnya juga menyatakan sembilan tentara negara ini tewas dan beberapa lainnya cedera terkena serangan artileri SAA.

Baca: SAA Terus Bergerak Maju di Provinsi Idlib, Turki Kerahkan Ratusan Kendaraan Lapis Baja

Dilaporkan pula bahwa konvoi militer Turki diserang di kawasan dekat kota Atarib di bagian barat provinsi Aleppo. (mm/alalam/raialyoum)

DISKUSI: