Pertama Kali, Seorang Menlu Kunjungi Wilayah Pendudukan Golan dan Menyebutnya Milik Israel

0
51

Quds, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS) Mike Pompeo berkunjung ke Dataran Tinggi Golan milik Suriah yang diduduki Rezim Zionis Israel.

Kunjungan itu tercatat sebagai yang pertama kalinya dilakukan oleh seorang menteri AS ke Golan.

Menurut lembaga penyiaran resmi Israel, Kan, kunjungan itu dilakukan Pompeo, Kamis (19/11/2020), dalam kerangka lawatan resminya ke Israel yang dimulai pada hari Rabu lalu dan berakhir hari ini, Jumat.

Kan mengutip pernyataan Pompep dalam jumpa pers bersama sejawatnya dari Israel, Gabi Eskhkenazi, yang menemaninya dalam kunjungan ke Golan bahwa Presiden AS Donald Trump mengakui wilayah itu sebagai bagian dari Israel.

“Anda tidak bisa berdiri di sini dan menatap apa yang ada di seberang perbatasan dan menyangkal hal utama yang diakui oleh Presiden Donald Trump, apa yang ditolak oleh presiden sebelumnya,” kata Pompeo.

Dia merujuk pada keputusan kontroversial Trump pada 2019 untuk mengakui kedaulatan Israel di wilayah tersebut, sebuah langkah yang dikecam oleh komunitas internasional dan oleh Suriah yang menyebutnya sebagai “serangan terang-terangan”.

Pompeo mengutuk apa yang dia gambarkan sebagai seruan dari “salon di Eropa dan di institusi elit di Amerika” agar Israel mengembalikan Golan ke Suriah.

Dia mengatakan, “Ini adalah bagian dari Israel. Bayangkan dengan (Presiden Suriah Bashar) al-Assad yang mengendalikan tempat ini, risiko bahaya bagi Barat dan Israel.”  (mm/raialyoum)

Baca juga:

[Video]: Israel Rilis Video Serangan terhadap Pasukan Iran di Suriah

Faksi-Faksi Palestina Kecam Pengadaan Koordinasi lagi Otoritas Palestina dengan Israel

DISKUSI: