Pertama Kali, Iran Konfirmasi Pembicaraannya dengan Arab Saudi

0
300

Teheran, LiputanIslam.com –   Untuk pertama kalinya pemerintah Iran mengkonfirmasi adanya dialog dan pembicaraan antara Iran dan Arab Saudi untuk mengatasi perselisihan antara kedua negara.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh mengkonfirmasi hal itu, Senin (10/5), sembari menyebutkan bahwa pembicaraan tersebut berfokus pada berbagai isu bilateral dan regional.

“Selama ini kami menyambut dialog dalam segala bentuk dan levelnya, maka biarlah kami menunggu dan melihat hasil dialog, dan memberikan putusan sesuai hasilnya,” ungkap Khatibzadeh.

Dia menekankan, “Mencabut sumbu ketegangan akan menguntungkan Iran dan Saudi di kawasan. Dengan adanya perubahan situasi yang kami lihat, kami berharap dapat mencapai kesefahaman yang mengarah pada hubungan bilateral dan perkembangan regional, dan kami akan mengerahkan segenap upaya kami dalam rangka ini.”

Beberapa hari lalu Presiden Irak Barham Salih menyatakan bahwa Baghdad menjadi tuan rumah beberapa pertemuan antara Iran dan Saudi belakangan ini.

Pada bulan lalu Kementerian Luar Negeri Iran ketika diminta berkomentar mengenai laporan adanya dialog antara Iran dan Saudi di Baghdad menyatakan, “Berita tentang ini masih simpang siur.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Video] Hari Quds, Pesan Lengkap Ayatullah Khamenei dengan Bahasa Arab kepada Para Pemuda Arab

Merinci Babak Belur Israel, Panglima IRGC Sebut Kubah Besi Israel Cuma Gelembung

DISKUSI: