Pertama Kali dalam 3 Bulan, Jet Tempur Rusia Gempur Pemberontak Suriah

0
155

Beirut, LiputanIslam.com –  Angkatan Udara (AU) Rusia telah menggempur kawanan bersenjata dan pemberontak di bagian barat laut Suriah.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) menyatakan serangan itu terjadi secara bergelombang pada Selasa malam dan Rabu dini hari (2-3/6/2020), dan menghantam suatu wilayah yang mempertemukan perbatasan tiga provinsi Hama, Idlib dan Latakia.

Lembaga ini menyebut serangan itu adalah yang pertama kalinya dilancarkan pasukan Rusia sejak pemberlakuan gencatan senjata pada Maret lalu.

Sedangkan menurut White Helmets, kelompok yang sengaja kerap menyudutkan pemerintah Damaskus selama perang Suriah, serangan udara itu menghantam daerah Sahl al-Ghab di bagian barat provinsi Hama.

Laporan lain menyebutkan bahwa serangan udara itu juga dilancarkan Angkatan Udara Suriah.

Lihat: Video: Tentara Suriah Cegat Tentara AS

Menurut sumber lapangan, AU Suriah bertanggung jawab secara khusus atas serangan ke posisi-posisi militan asing di kota utama Kabani, sementara serangan ke bagian utara wilayah Dataran Al-Ghaab dilancarkan secara bersama oleh AU Suriah dan AU Rusia.

Baca: Kelompok-Kelompok Militan Pro-Turki di Suriah Bertempur Satu Sama Lain

Sumber itu menjelaskan bahwa serangan udara itu menyasar terutama posisi Partai Islam Turkestan (TIP) dan Hurras Al-Deen, dua kelompok yang dipimpin warga negara asing yang telah melakukan serangan terhadap Tentara Arab Suriah (SAA) pada bulan lalu. (mm/aljazeera/amn)

DISKUSI: