Peringati Haul Imam Khomaini, Hizbullah: Iran Pembela Garis Depan Perjuangan Palestina

0
173

Beirut, LiputanIslam.com   Kelompok Pejuang Hizbullah Lebanon menyebut Iran sebagai “pembela garis depan perjuangan Palestina” untuk pembebasan dari agresi dan pendudukan Rezim Zionis Israel.

Sheikh Hassan al-Baghdadi, anggota Dewan Pusat Hizbullah, menyebut Iran demikian pada haul ke-33 pendiri Revolusi Islam, Imam Khomeini, di Beirut, Jumat (3/6).

“Teheran mengulurkan tangan  bantuannya kepada setiap orang yang jujur, yang ingin melindungi negaranya atau membebaskannya dari pergolakan pendudukan,” ungkapnya.

Dia menyinggung teguhnya dukungan Iran kepada Lebanon dalam perang pembebasan bagian selatan Lebanon dari pendudukan militer Israel pada awal tahun 2000-an.

Rezim Israel mengobarkan dua perang di Lebanon pada tahun 2000 dan 2006. Pada kedua peristiwa itu Israel dapat dipaksa mundur secara memalukan oleh Hizbullah.

“Di Lebanon, Republik Islam berada di atas angin dengan mendukung kami dalam  pembebasan selatan dan melindunginya dari invasi,” kata al-Baghdadi.

Dia juga berbicara panjang lebar tentang kehidupan dan warisan Imam Khomeini dan memujinya karena telah meletakkan dasar sebuah revolusi yang independen dari timur dan barat.

Dia menyebut revolusi itu telah berubah menjadi “model reformasi dan pembelaan kepentingan umat Islam”, dan menyinggung slogan yang dipekikkan oleh Imam Khomeini pasca revolusi 1979, yang menolak blok kekuatan barat dan timur.

Imam Khomeini yang wafat pada 3 Juni 1989 mempelopori revolusi yang menggulingkan monarki yang didukung AS di Iran dan secara efektif menutup babak panjang campur tangan Barat di negara itu. (mm/presstv)

Baca juga:

Iran: Tak Ada yang Bisa Tinggal Diam Soal Proyek Nuklir Israel

Berri Terpilih lagi, Media Israel: Tanda Persatuan Faksi-faksi Pro-Hizbullah

DISKUSI: